Cara Bikin Anak Lebih Cerdas.

TK DWP 2 RSJ Lawang, - Malang – Jatim

RadarJateng.com, Pendidikan Penelitian diseluruh dunia telah menunjukkan ada peningkatan dari tahun ke tahun. Dalam perkembangan anak. Ini adalah kabar yang sangat baik tetapi bagai mana kita memastikan anak akan menjadi lebih cerdas?

  1. Bacakan buku cerita

Dengan membacakan buku cerita, anak akan dapat menyerap kata-kata baru secara afektif, dengan membaca buku cerita anak akan lebih aktif baik dalam  melihat gambar -gambar dan bercerita dengan anak. Saat anda membaca cerita, anak akan mendapat pengalaman baru, bila kita dapat menghidupkan cerita dalam suatu buku,kita akan meningkatkan pemahaman anak.

Luangkan waktu 10 menit dalam sehari untuk membaca Bersama anak, dan milikilah berbaga buku cerita.

Read More
  1. Ajak untuk mempelajari musik

Pelajaran musik dapat meningkatkan IQ anak, juga bisa mengurangi efek penuaan bagi kita sendiri. Banyak sekali penelitian menunjukan hubungan positif antara musik dan kesehatan mental, berusahalah menimbulkan minat anak sejak dini.

  1. Beri pujian

Tidak semua anak secara alami memiliki bakat , tetapi dengan tetap berpegang pada minat dan giat berlatih, anak akan jauh lebih mungkin berhasil. Ajaklah anak belajar dari kesalahan dan untuk mencoba lagi, anak akan lebih pintar dari teman-temannya dalam waktu singkat.

  1. Anak senang akan siap belajar

Jadilah orang tua yang Bahagia,hal ini lebih mudah diucapkan dari pada di lakukan iya tidak?

Ketika pekerjaan rumah menumpuk dan kita harus menyelsaikan pekerjaan itu, maka kita akan merasa stres. Tetapi lakukan untuk mengambil waktu istirahat sejenak untuk  menyingkirkan pikiran- pikiran yang negatif dan menjadikan orang tua yang ceria. Dapat menghabiskan waktu yang yang berkwalitas dengan anak, itu dapat berdampak positif bagi pembelajaran anak, Ketika anak bahagia anak akan terlibat dan tertarik pada pembelajaran. Anak yang bahagia akan lebih mau belajar, lebih penasaran dan akhirnya akan lebih cerdas.

  1. Ikutkan anak dalam klub olaraga

Gaya hidup yang aktif baik untuk Kesehatan kita, tahuka  setelah berolaraga anak dapat mempelajari kata dan kosakata baik 20%lebih cepat, hal ini sangat baik bagi anak anda Ketika anak belajar mengucapkan kata baru, Menyusun kalimat dan berkomunikasi dengan teman sebaya dan orang dewasa.

  1. Biarkan mereka tidur yang berkwalitas

Tidur mempunyai manfaat yang sangat penting untuk perembangan otak, terutama tidur siang terbukti memiliki manfaat bagi pembelajaran. Meningkatkan kemampuan untuk menyimpan informasi , baik bagi anak maupun orang dewasa. Tidur yang cukup dapat meningkatkan perhatian saat mengikuti kegiatan sekolah.

  1. Ikutkan anak dengan hobi orang tua

Ajak anak untuk melakukan hobi yang kita senang baik memasak, bermain alat musik, pembelajaran yang aktif untuk masa perkembangannya “ sebagai besar anak 5th tidak memiliki ketrampilan yang merupakan kebutuhan untuk memulai belajar, misalnya memegang pensil” menurut Jo Moore seorang  pakar Pendidikan, dengan pembelajaran yang aktif anak dapat cepat dan mudah memperoleh ketrampilan yang diperlukan untuk Pendidikan anak usia dini misalnya : mengikuti intruksi dan koordinasi terutama koordinasi mata dan tangan.

  1. Ikuti minat mereka dan berikan dukungan

Menrut Elizabeth B , Hurlock, minat merupakan sumber motivasiyang mendorong orang untuk melakukan apa yang mereka inginkan Ketika merea bebas memilih.

Ketika anak menunjukkan minat sesuatu, bantu mereka mengikuti keinginannya. Anak akan merespon dorongan yang anda berikan dengan baik dan akan membantu mereka untuk mempelajari minat lebih lanjut, dengan fasilitas yang ada searang ini memperoleh informasi, dapat membantu anak berkembang lebih jauh.

Penulis : Ribut Dianna, S.Pd, TK DWP 2 RSJ Lawang, – Malang – Jatim

Related posts