Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Warna Melalui Mencap Gambar Tas Menggunakan Pelepah Pisang.

Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Warna Melalui Mencap Gambar Tas Menggunakan Pelepah Pisang

RadarJateng.com, Pendidikan Pemahaman   anak   dalam   mengenal   warna sangat   diperlukan   oleh   anak untuk  meningkatkan kecakapan  anak  dalam  mengenal  warna  melalui  proses  pembelajaran  agar  anak  mampu  mengetahui menemukan  dan  memahami  warna  secara  konsep  sehingga  struktur  kognitif  anak  dapat terbentuk berdasarkan  temuan  dan  pengalaman  sendiri.  Mengenal  warna  merupakan  salah  satu  indikator  sains yang termasuk ke dalam bidang pengembangan kognitif.

Pengenalan  warna  bagi  anak  dapat  merangsang  indera  penglihatan,  otak, dan  emosi. Retina pada mata merupakan mediator antara dunia nyata dan otak, di mana terjadi proses yang membentuk suatu model realita dalam pikiran. Dengan proses kerjasama antara otak dan mata maka akan timbul emosi. Ada satu jaringan  syaraf  yang  langsung  mengarah  dari  titik pusat  retina  ke  pusat  otak  dan bagian  yang  mengeluarkan  hormon.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  otak  mendapat suatu  rangsangan yang diterima oleh mata.

TK. S. KEMALA BHAYANGKARI – 16 NIAS

Sumanto (Khasanah 2019:46) mengatakan “mencetak/seni grafis adalah kegiatan berkarya seni rupa dwimatra yang dilakukan dengan cara mencapkan alat atau acuan yang sudah diberi tinta/cat pada bidang gambar”. Mengecap merupakan salah satu kegiatan seni yang dapat mengembangkan kreativitas anak. Sumanto juga menyebutkan mengecap atau seni grafis dalam pembelajaran seni adalah kegiatan berkarya seni rupa dua dimensi yang  dimaksudkan untuk menghasilkan atau memperbanyak karya seni dengan menggunakan bantuan alat/acuan cetak tertentu. Kegiatan mengecap ini antara lain dengan membuat cap. Anak dapat membuat karya seni dengan menggunakan cap dari pelepah pohon pisang.

Read More

Usia dini merupakan usia yang efektif untuk meningkatkan berbagai potensi yang dimiliki anak-anak. Upaya meningkatkan ini dapat dilakukan berbagai cara termasuk pemanfaatan bahan alam sebagai media. Kegiatan mengecap di TK Swasta Kemala Bhayangkari-16 Nias terkait dengan kemampuan seni karena ini pelaksanaanya harus dilakukan secara menarik, bervariasi, dan menyenangkan. Dalam hal ini pemanfaatan media bahan alam dengan kegiatan mengecap akan lebih menarik minat anak untuk meningkatkan kreativitas, karena anak bisa mengecap sendiri bentuk daun dan bunga yang diinginkan tanpa rasa bosan sehingga tujuan dapat tercapai.

Penulis : ADARIA ZENDRATO, S.Pd, TK Swasta Kemala Bhayangkari-6 Nias

Related posts