Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini.

Pentingnya Pendidikan Aanak Usia Dini ( TK PERTIWI, PUGER-JEMBER-JAWA TIMUR )

RadarJateng.com, Pendidikan Pendidikan anak usia dini, atau biasa disingkat PAUD, adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar.

Pendidikan   anak   usia   dini   dapat   diselenggarakan   melalui    jalur pendidikan formal, non formal dan/atau informal. PAUD jalur pendidikan formal berbentuk taman kanak – kanak (TK), raudotul athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat. Sementara itu, PAUD jalur pendidikan nonformal berbentuk kelompok bermain (KB), taman penitipan anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat.

Pengelolaan dan penyelenggaraan PAUD harus mengacu pada Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini (STPPA). STPPA adalah kriteria tentang kemampuan yang dicapai anak pada seluruh aspek perkembangan dan pertumbuhan.

Read More
Murid TK PERTIWI, PUGER-JEMBER-JAWA TIMUR

Pendidikan AUD sangat penting untuk menghadapi masa depan,yang paling dekat adalah menghadapi masa sekolah,dikarenakan sekarang anak yang mendaftar ke jenjang yang lebih tinggi sudah bisa membaca dan berhitung.karena kemampuan –kemampuan ini sudah bisa dibentuk sejak usia dini.

Di lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini anak sudah diajarkan dasar –dasar cara belajar,mereka diajarkan belajar melalui bermain,tapi bukan asal –asalan bermain ,mereka diajarkan cara bersosialisasi yang baik,pengenalan abjad,angka dan bahasa.Karena lewat bermain mereka tidak merasa dipaksa untuk belajar,saat bermain anak-anak merasa senang dan tenang,dalam keadaan tenan itu pendidikan bisa masuk dan tertanam ke anak,waktu bermain guru juga harus mengarahkan anak-anak diwaktu bermain sambil belajar.

TK PERTIWI, PUGER-JEMBER-JAWA TIMUR

Saat didalam kelas harusnya berisi kesenangan, antusias dan rasa penasaran serata terbanguan rasa semangat anak untuk belajar,contoh bisa pembelajaran dengan bermain peran seperti peran dokter-doktran,Apa tugas seorang dokter?apa alat yang digunakan dokter?dimana tempat dokter bekerja ?Apa tugas seorang dokter?dengan pertanyaan – pertanyaan seperti itu dapat memancing daya pikir anak,ada sebagian orang tua berfikir bahwa anak usia ini sudah bisa berfikir,anakanak usia ini belum bisa berfikir sempurna seperti orang dewasa,anak usia dini harus dipandu berfikir secara besar cara mencerna dan berdaya nalar,

Apa perbedaan anak-anak yang belajar di paud dengan anak yang tidak belajar?dengan belajar di paud anak bisa menjadi pribadi yang mandiri,percaya diri,punya rasa ingin tahu yang besar , cara beradaptasi, semangat untuk belajar, sementara anak yang tidak mendapat pendidikan di aud akan lamban untuk menerima sesuatu.

Penulis : Heni Susiloningsih,S.Pd, TK PERTIWI, PUGER-JEMBER-JAWA TIMUR

Related posts