Meningkatkan Kemampuan Mengenal Simbol Angka Dengan Bermain Papan Gembira.

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Simbol Angka Dengan Bermain Papan Gembira

RadarJateng.com, Pendidikan Salah satu materi pengembangan kognitif di Taman Kanak Kanak adalah memahami konsep bilangan pada kelompok  A, materi tersebut harus dicapai. Dalam upaya pembelajaran dalam menyebutkan lambang bilangan anak anak masih kesulitan salah satu cara untuk membuat anak mampu memahami konsep bilangan yaitu dengan menggunakan media papan gembira. Dengan mengunakan media papan gembira diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam memahami konsep bilangan.

Adapun  Gagne (Yuliani Nurani Sujono) 2007:1.20 mengemukakan bahwa kognitif  adalah kemampuan  membeda bedakan  ( Deskriminasi ) konestual riil  membuat devinisi  merumuskan  peraturan berdasarkan dalil dalil. Angka adalah simbol digit yang digunakan untuk melambangkan nilai suatu bilangan. Angka dalam bahasa inggris disebut dengan numeral. Mengenal angka adalah suatu kemampuan kognitif anak, dalam pengembangan kognitif ini bertujuan mengembangkan kemampuan di bidang berfikir anak, membantu mengembangkan kemampuan logika matematika.

Pembelajaran mengenal simbol angka pada anak usia dini dilakukan dengan mengenalkan angka 1 sampai 10. Melaluai mengenalkan angka 1 sampai 10 anak akan mengenal angka lebih lanjut. Dalam mengoptimalkan anak anak perlu di bimbing guru sehingga kemampuan anak dalam menghitung lebih meningkat.Upaya dalam meningkatkan kemampuan anak mengenal simbol angka dapat dilakukan dengan mengenalkan angka dan bentuk  angka sehingga anak dapat memahami angka lebih meningkat.

Read More

Dalam mengenalkan angka terhadap anak, guru dan orang tua hanya cenderung mendidik anak  melalui kegiatan sebatas  menulis angka saja, padahal banyak hal yang bisa dilakukan diantaranya menggunakan media yang terbuat dari kardus bekas. Seperti media papan gembira berikut yang sangat mudah dimainkan dan membuat anak menjadi gembira dan menyenangkan berikut cara membuat dan menggunakan media papan gembira.Bahan  dan alat : kardus bekas, kertas origami, lem, gunting, benner.

Bermain Papan Gembira

Cara membuatnya

1. Tutup kardus bekas dengan kertas lipat warna hitam dengan rapi

2. Buat pola lingkaran menggunakan kertas lipat warna warni

3. Gunting kertas lipat sesui pola.

4. Tempel hasil guntingan kertas lipat (pola lingkaran) pada kardus yang sudah di tertutup kertas hitam.

5. Disetiap sisi kardus tempelkan guntingan pola lingkaran pada setiap sisi sesuai dengan urutan angka sehingga membentuk dadu simbol angka.

6. Letakkan banner pada lantai.

Prosedur Penggunaan :

Langkah guru

  • Guru menyiapkan media yang akan di gunakan untuk bermain.
  • Guru mempersiapkan papan gembira dan dadu 6 yang mempunyai mata.
  • Guru memberi contoh cara bermain papan gembira.
  • Guru menyampaikan aturan bermain.

Langkah anak

  • Tiap siswa bergantian melempar dadu, dadu yang mempuanyai mata enam.
  • Jika dadu yang jatuh menunjukkan mata 4 maka anak harus melompat 4 kotak pada papan gembira tersebut.
  • Jika sudah dijalankan, kotak yang berisi pertanyaan di jawab oleh siswa jika benar anak mendapatkan poin berupa gambar bintang.
  • Permainan berlanjut hingga selesai
  • Bila mendapat poin bintang yang paling banyak maka dialah pemenangnya.
  • Selanjutnya guru memberikan evaluasi tentang permainan papan gembira tersebut.

Pertanyaan di setiap kotak papan gembira

Kotak 1

  • Ayo mulai bermain papan pintar

Kotak 2

  • Mari kita menebak huruf a, i, u, e, o.

Kotak 3

  • Sebutkan nama dan warna buah pada kotak ini.

Kotak 4

  • Ada berapa buah strawberri dan buah mangga.

Kotak 5

  • Ayo peragakan saat matahari tertiup angin

Kotak 6

  • Ayo tirukan tulisan” cabe “

Kotak 7

  • Apa guna mata

Kotak 8

  • Yuk kita berhitung gambar di kotak ini

Kotak 9

  • Aku berwarna merah, tubuhku penuh dengan duri tapi aku terlihat indah sebagai tanaman hias, siapakah aku?

Kotak 10

  • Ayo tirukan gerakan binatang kupu kupu terbang dan katak melompat.

Kotak 11

  • Mari kita membaca doa doa dan surat pendek.

Kotak 12

  • Permainan sudah berakhir yuk kita nyanyikan lagu anak.

Itu merupakan cara membuat media dan cara bermain pada papan bembira, anak anak merasa senang dengan permainan tersebut semoga anak anak bisa semangat belajar dalam mengenal simbol angka.

Tujuan dari penggunaan media ini adalah agar anak dapat mengenal angka lebih meningkat dan dapat menulis angka dengan benar sehingga anak dengan menggunakan media ini anak lebih giat bermain sambil belajar.

Semoga media ini sangat berguna untuk kita semua.

Penulis Neni setiowati, S.Pd. TK Tunas Bangsa, Kec. Gending Kab. Probolinggo – Jatim.

Related posts