Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Bermain Menggunakan Busybook.

Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Bermain Menggunakan Busybook.

RadarJateng.com, Pendidikan Penggunaan media Busybook pada anak usia dini dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Busybook merupakan sebuah buku yang terbuat dari kain Flanel yang berisi gambar-gambar yang bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan kemampuan anak mengenal huruf atau membaca tingkat permulaan pada anak usia dini. Melalui penggunaan Busybook dalam kegiatan mengenal huruf pada anak  dapat melatih kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini. Dimana membaca permulaan merupakan proses membunyikan lambang bahasa tertulis yang lebih menekankan pada pengkondisian anak  dan mengenal bacaan secara terprogram kepada anak prasekolah.Dengan mengenal huruf dan membaca mereka dapat memperoleh kosa kata baru sebagai sumber informasi yang dapat menambah ilmu pengetahuan. Isi yang menarik pada Busybook dapat meningkatkan daya tarik anak dalam mengenal huruf-huruf dan meniongkatkan minat baca pada anak usia dini.

Didalam Busybook ini berisi aktifitas-aktifitas sederhana seperti puzzle, maze, membuka resleting dan banyak permaianan lain yang dapat dimainkan oleh anak.busybook ini merupakan media yang efektif untuk mengajarkan kosa kata sederhana secara menarik antara lain,

Anak dapat menggunakan Busybook melalui kegiatan bermain baik secara individu maupun secara berkelompok. Penggunaan Busybook bukan hanya dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf-huruf alphabet, melalui bermain menggunakan Busybook dapat juga meningkatkan kemampuan anak pada bidang perkembangan lain. Seperti kakemampuan kognitif, seni, dan juga sosial emosial anak saat bermain menggunakan Busybook. Dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan dibutuhkan media pembelajaran yang relevan. Media pembelajaran merupakan wadah dari pesan yang disampaikan oleh sumber atau penyalur nya bisa saja guru atau orang tua anak, pada sasaran atau penerima pesan dalam hal ini anak.

Read More

Melalui Busybook anak bukan hanya bisa mengenal lambang huruf dan angka, anak juga dapat mencocokkan gambar, bentuk dan anak dapat mengenal warna. Dapat pula melatih kesabaran anak dan melatih kemampuan anak dalam bekerja sama dan mengendalikan emosi dalam bersosialisasi. Busybook dapat dipakai pada semua aspek perkembangan anak, dan dapat dipakai atau digunakan berulang ulang serta dalam penggunaannya dapat divariasikan dengan media yang lainnya.

Anakanak sangat antusias Menggunakan Media Busybook.

Media pembelajaran mempunyai peran penting dalam proses belajar anak. Dengan adanya media dapat menarik perhatian anak ketika belajar. Untuk itu perlu dibuat media poembelajaran yang kreatif, inovatif, dan variatif, sehingga proses pembelajaran akan sangat menyenangkan. Media pembelajaran harus memperhatikan serta memahami aspek perkembangan anak sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan

Langkah – langkah dalam pembuatan Busy Book :

  1. Alat dan bahan: Gunting, lem tembak, penggaris, pensil,kertas karton, jarum pentul. Kain flannel bermacam warna, pita, kancing berbagai ukuran dan warna, jarum jahit, benang.
  2. Siapkan kain flannel bermacam warna sebagai background atau sebagai warna dasar, pilih warna-warna cerah agar anak tertarik.
  3. Ukur menggunakan penggaris sesuai ukuran yang diinginkan, gunting dan buat dalam beberapa lembaran.
  4. Ukur kain flannel dengan ukuran dua kali lebih lebar dari ukuran pertama sebagai sampul.
  5. Buat hiasan menggunakan cetakan kertas karton
  6. Selanjutnya mengisi bagian dalam Busy Book sesuai dengan pembelajaran yang akan disampaikan pada anak didik.

Dalam penggunaannya guru menunjukkan Busy Book kepada peserta didik dan mengikuti langkah-langkah dalam penggunaan Busy Book diantaranya:

  1. Guru terlebih dahulu menjelaskan apa saja isi dari Busy Book dengan bahasa yang mudah dipahami anak sesuai usia dan perkembangan anak.
  2. Guru menunjukkan dan menjelaskan halaman pertama dari Busy Book.
  3. Guru melakukan tanya jawab mengenai gambar atau warna yang terdapat pada Busy Book.
  4. Guru memberikan penjelasan mengenai huruf abjad yang terdapat pada Busy Book.
  5. Guru mejelaskan cara penggunaan Busy Book.
  6. Guru mengawasi dan mengarahkan ketika anak menggunakan Busy Book

Bermain menggunakan Busybook akan sangat menyenangkan bagi anak karena dengan bermain menggunakan Busybook banyak pengetahuan dan informasi baru yang didapat oleh anak.

Penulis : HALIMATUS SAKDIAH, S.Pd , TK NA.ZI.FA Islamic School. MEDAN TEMBUNG

Related posts