Mengenal Lebih Jauh Dunia Anak.

Guru dan Murid TK Tunas Bangsa, Karangrejo Ujung Pangkah Kab. Gresik - Jatim

RadarJateng.com, Pendidikan Peran orang tua dan pendidik pada dasarnya mengarahkan anak sebagai generasi unggul , karena potensi anak tidak akan tumbuh dengan sendirinya tanpa bantuan orang tua. Dimana   setiap anak memiliki potensi yang berbeda satu sama lain namun saling melengkapi dan berharga.

Ada beberapa aspek yang berkaitan dengan pemahaman dunia anak yang perlu diketahui oleh orang tua dan guru dalam membimbing dan pengarahan pendidikan kepada anak

1. Anak suka meniru

Read More

Entah kita sadar atau tidak apa yang kita ucapkan , kita lakukan tentu akan ditiru oleh anak anakk.   kita sebagai orang tua atau pendidik harus memberikan contoh yang nyata atau teladan yang baik. Terutama pada usia dua tahun keatas biasanya sifat egosentris muncul dalam dirinya.Selain itu anak diusia ini juga cenderung meniru orang disekelilingnya.

2. Dunia anak adalah dunia bermain

Dunia anak ada;ah dunia bermain maka wajar saja jika dalam aktivitas mereka sehari hari lebih banyak mainnya daripada belajar.karena sebenarnya dari bermain itulah mereka belajar, jadi jangan paksa mereka ,dekati mereka dengan cara perspektif anak anak. Kita boleh biarkan mereka bermain , basah basahan, main pasir dan seterusnya , namun kita harus tetap memperhatikan mereka jangan sampai lepas kontrol

3. Anak masih berkembang

Setiap fase perkembangan anak tidak hanya tidak hanya tumbuh dari segi fisik melainkan juga dari segi psikologis hingga intelegensinya Menurut C.P. Chalplin ( 2022), perkembangan adalah perubahan yang berkesinambungan dan progresif dari organisme dari sejak lahir hingga mati. Menurut ismail ( 2005 ) perkembangan menunjukkan pada bertambahnya fungsi tubuh yang lebih komplekspada pola yang terstruktur dan dapat diramal sebagai hasil proses pematangan dan belajar.

4. Anak tetaplah anak

Mereka belum dewasa ,maka jangan bandingkan dengan orang dewasa apalagi dari fisiknya, biarkan mereka menikamti dunia anaknya. Pada awal usia anak (2 – 5 tahun ) anak senang memikirkan keinginannya sendiri dan tidak memperdulikan omongan orang tuanya , sikap membantah pada anak sebenarnya wajar, sifatnya ini sebenarnya menunjukkan perkembangan daya pikir anak , jadi selama orang tua dapat memberikan alasan yang jelas ats setiap larangan anak juga akan mengerti.

5. Anak adalah kreatif

Selain tumbuh dan berkembang , anak anak adalah pribadi yng kreatif, suka bertanya , rasa ingin tahu yang tinggi, suka berimajinasi.jika anak bertanya sampaikanlah dengan bahasa anak anak yang mudah dimengertisesuai kemampuan mereka dalam menerima informasi baru

6. Anak masih polos

Untuk menanamkan perilaku baik pada anak , tentu harus dimulai dari kebiasaan dalam keluarga .tanamkan pemahaman , anak anak memang sedang dalam proses belajar dan beradaptasi, sehingga seburuk apapun perilakunya selalu masih ada peluang untuk diperbaiki.

7. Tumbuhkan rasa percaya diri anak

Beberapa teknik menumbuhkan rasa percaya diri pada anak

  • Katakan kita menyayangi minimal satu kali dalam sehari
  • Tanggapi keluhan anak secara serius
  • Biarkan anak melakukan kesalahan
  • Tertawalah bersama anak
  • Pujilah usaha sikecil
  • Biarkan anak mengerjkan tugas sederhana dirumah
  • Jagalah rahasia anak baik baik
  • Sediakan waktu berkualitas untuk anak
  • Bantu anak berpenampilan dan berperilaku yang baik
  • Perkenalkan anak pada berbagai kegiatan.
Bermain Bersama Teman.

8. Kenali karakter anak.

Setiap anak itu unik , maka jangan membandingkannya dengan anak yang lain. Yang perlu kita lakukan adalah membantu mengenali potensi anak dan mengarahkannya. Tidak ada salahnya bila kita memberikan reward pada anak seperti pujian, hadiah dan lain sebagainya. Karen itu wajib bagi orang tua untuk menggali sekaligus mengembangkan potensi anak sejak dini. Makin dini anak menerima stimulasi akan makin baik

9. Pahamilah dunia anak

Sebagai orang tua dan pendidik harus dekat dengan kehidupan anak, orang tua memegang peranan yang penting dalam membantu penyelesaian masalah putra putrinya .

10. Melibatkan anak

Sebagai orang tua membuat dan menerapkan peraturanhrus dengan kesepakatan anak. Berkomunikasi adalah cara yang terbaik termasuk dalam hal membuat peraturan. Sebagai pendidik punperaturan dalam prosese belajar mengajar sangat mulak diperlukan. Keberhasilan proses pembelajaran bergantung pada mampu tidaknya guru memberikan contoh sekaligus menjadi individu yang konsisten dalam menerapkan peraturan.

Pemahaman dunia anak merupakan suatu awal keberhasilan dalam pendidikan . anak adalah individu yang unik dan setiap individu memiliki potensi yang berbeda satu sama lain.anak juga bukan orang dewasa. Anak tetaplah anak mereka punya dunia sendiri yang khas dan harus dilihat dengan kaca mata anak. . untuk menghadapi mereka diperlukan kesabaran , pengertian dan toleransi.

Penulis            : SITI NINGSIH, S.Pd, TK TUNAS BANGSA Karangrejo Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik JATIM

Related posts