Bercerita Dengan Boneka Tangan Menciptakan Suasana Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini.

Bercerita Dengan Boneka Tangan Menciptakan Suasana Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini

RadarJateng.com, Pendidikan Bercerita menurut  Madyawati (2016) bercerita adalah salah satu ketrampilan berbicara bertujuan untuk memberikan informasi kepada orang lain dengan cara menyampaikan  berbagai macam  ungkapan ,peasaan, yang sesuai dengan apa yang dialami,dirasakan,dilihat dibaca, Dalam kegiatan bercerita sering kali ditemukan kurang percaya diri anak mengungkapkan keinganannya.sehingga tidak tersampaikan dengan baik ,pada keterbatasan keberanian mengungkapkan pendapat anak adalah hal perlu digaris bawahi,ternyata ditemukan berbagai sudut pandang dan latar belakang masing masing individu anak PAUD ,dengan keunikan dan dan karakter anak yang melatar belakangi bagi saya dengan mencari tahu  apakah boneka tangan dapat sebagai sarana bercerita yang menjadikan anak  percaya diri saat mengungkapkan keinginanya,idenya dengan bahasanya.yang menjadikan anak itu unik dengan segala tingkah ekspresi dan ucapan yang mewakili perasaanya.mungkin bisa terangkum dalam kebiasaan-kebiasaan mandiri  anak  didalam ,lingkungan,dan disekolah.

Murid TK KARTIKA IV-17, Kota Madiun – Jatim

Dengan berbagai keunikan anak yang luar biasa disinilah ,menjadi rangsangan. karna setiap anak berbeda,diharapkan apa yang menjadi keunikan anak tersebut yang belum tampak,maka sangat bisa diharapkan dalam kegiatan bercerita dengan boneka media yang menarik akan merangsang anak untuk mengungkapkan,menceritakan menuangkan ide sesuai dengan karakternya dan natural sesuai dengan usianya. Sehingga anak berani mengungkapkan  perasaaan dan ide yang dimiki anak ,maka dalam bercerita anak ditemukan maksimal, setelah menggunakan sarana atau media yang bisa merangsang anak maka bisa menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak.

Kenapa tidak kita ajak dalam berbagai kegiatan apapun, maka anak mau mengungkapkan dengan lebih sering  berbicara lebih sering, maka dengan menggunakan boneka tangan yang kita buat sendiri atau yang diciptakan anak melalui berbagai bahan yang dekat dengan lingkungan anak.bisa menarik minat yang luar biasa.

Read More
Penggunaan Boneka Tangan Menciptakan Suasana Menyenangkan di TK KARTIKA IV-17, Kota Madiun – Jatim

Ciptakan kegiatan bererita dengan membuat,menggunakan  media buatan guru atau anak sendiri adalah salah sau cara yang tepat , sehingga anak akan mau menggungkapkan dengan sepontan setelah menggunakan media yang dibuat guru atau yang dibuat sendiri ,anak menjadi tertarik ,mencoba mendekat  dan penasaran selanjutnya anak mau bercerita mengungkapkan semua celotehan-celotehan yang luar biasa

Dsini mulailah dengan membuat media sederhana yang ada dekat dengan lingkungan kita. sepeti kain karung goni  bahan  untuk membuat boneka tangan, yang unik dan menarik anak. tokoh karakter yang mungkin menjadi hal yang menarik bagi anak dan langsung dapat dikenali oleh anak ,mulai dengan karakter dekat dengan anak. dirasa cukup membuat anak merasa dekat,karakter boneka yang kita sajikan ,yang nantinya dapat mermbuat motivasi anak mau menggunakan dan mau mengungkapkan.menampilakan di depan orang lain tentang prasaan,ide mengungkapkannya bercerita dengan suasana yang menyenangkan bagi anak PAUD.

TK KARTIKA IV-17, Kota Madiun – Jatim

 

Ditampilkan dengan boneka tangan penggunaan dan bahan yang sederhana dam budah didapat ,serta penggunaan yang mudah untuk anak  serta menarik disini mulai dengan menampilkan karakter dokter dan pasien sebagai  cerita dengan pendukung media boneka tangan karakter ini ,maka mempermudah anak menggunakan serta memainkannya dengan berkelompok dan masing – masing  karakter boneka  tersebut bisa menjadi media menarik  dan menyenangkan.

Maka kegiatan bercerita menggunakan boneka tangan menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak, untuk pengembanan Bahasa anak. Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya  di TK Kartika IV-17 Kota madiun  dimana saya adalah Guru di Lembaga tersebut.

Semoga informasi ini berguna untuk semua terutama pendidik serta orang tua.

Penulis Nurul  Liyana,S.Pd, TK KARTIKA IV-17, Kota Madiun – Jatim

Related posts