Perkembangan Literasi Anak Usia Dini

Kegiatan Literasi TK Dharma Wanita Sumbertanggul, Ds Sumbertanggul, Kec. Mojosari, Kab. Mojokerto – Jawa Timur

RadarJateng.com, Pendidikan Bahasa sebagai alat komunikasi dimana seseorang dapat menjelaskan pikiran, perasaan dan kehendak seseorang kepada orang lain. Dengan memiliki kemampuan bahasa yang baik, anak dapat diharapkan dapat bersosialisasi dengan orang lain. Bahasa juga dapat membantu untuk mengekspresikan idenya

Bahasa dapat dimaknai sebagai suatu sistem tanda, baik lisan maupun tulisan. Bahasa merupakan sistem kornunikasi antar manusia. Bahasa mencakup komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal.

Anak belajar menggunakan bahasa dengan cara memperhatikan dan menyimak orang dewasa berbicara dan membacakan sesuatu untuknya. Kemudian hasil dari menyimak tersebut akan digunakan oleh anak dalam kegiatan mainnya. Bahasa merupakan alat untuk mempelajari pengetahuan lainya. Sebelum dia belajar pengetahuan-pengetahuan lain, dia perlu menggunakan bahasa agar dapat memperoleh pemahaman dengan baik. Dengan berbahasa, anak dapat mengembangkan kemampuan dalam bidang pengucapan bunyi, menulis, membaca yang sangat mendukung kemampuan literasi di tingkat yang lebih tinggi.

Read More
  1. Definisi bahasa dan literasi Literasi (Literacy)

secara sederhana ahasa merupakan kemampuan untuk membaca, menulis dan berhitung. kecakapan literasi tidak hanya sekedar dapat membaca, menulis dan berhitung, akan tetapi lebih menekankan fungsi dalam kehidupan sehari-hari .

Pada usia 6 tahun, seorang anak biasanya telah berbicara dengan 2600 katadan memahami lebih dari 20000 kata (Owens, 1996). Bahasa merupakan kemampuan berkomunikasi dengan menyampaikan serangkaian 57ymbol untuk berpikir dan berinteraksi dengan orang lain ,Sonawat & Francis (2007). Seorang anak dapat mengembangkan kosakata mereka dengan demikian cepat karena mereka melakukan pemetaan kilat, yang memungkinkan mereka untuk menyerap makna dari kosakata yang didengarnya dan menyimpan makna tersebut dalam ingatan.

  1. Perkembangan bahasa dan literasi Perkembangan bahasa dan literasi pada anak terjadi sejak lahir dan berkesinambungan. Pada perkembangannya bahasa dan literasi memiliki lima jenis pengetahuan dan keterampilan yang perlu dikuasai oleh anak. adapun ke-lima pengetahuan itu yaitu bahasa oral/ verbal, print awareness (kepekaan terhadap gambar dan tulisan), pengetahuan tentan buku, pengetahuan tentang huruf, dan kepekaan terhadap bunyi (phonological awareneness).
Kegiatan Literasi TK Dharma Wanita Sumbertanggul, Ds Sumbertanggul, Kec. Mojosari, Kab. Mojokerto – Jawa Timur

TAHAPAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

  1. Menyimak dan berbicara

Kemampuan berbicara akan berkembang apabila anak memiliki kesempatan untuk menyimak setelah itu anak juga perlu mendapatkan kesempatan menggunakan bahasa dengan cara berinteraksi dengan orang lain baik orang dewasa maupun temannya. Pada saat anak bermain dengan temannya, ia belajar menggunakan bahasa secara kontekstual atau sesuai dengan situasi dan dengan siapa ia berbicara. Pada proses ini anak belajar untuk menyimak orang lain dan kemudian bergantian berbicara. Hal ini juga akan membantu anak untuk belajar menghargai ide orang lain.

  1. Membaca

Kegiatan membaca memberikan kesempatan pada anak untuk melibatkan kemampuan untuk memahami arti dari gambar dan tulisan yang dilihatnya.

  1. Menulis

Kemampuan menulis pada anak muncul seiring dengan berkembangnya kemampuan membaca. Oleh karena itu untuk kedua kegiatan ini dilakukan bersamaan. Pada saat anak menulis, anak mencoba untuk menggabungkan beberapa coretan yang memiliki makna.

Penulis : Novia Ermawati S.Pd, TK Dharma Wanita Sumbertanggul, Ds Sumbertanggul, Kec. Mojosari, Kab. Mojokerto – Jawa Timur

Related posts