Manfaat Metode Fieldtrip Untuk Anak Usia Dini.

RadarJateng.com, Pendidikan – Banyak cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan, mengembangkan dan menstimulasi kegiatan belajar anak.. Misalnya melalui cara bercerita/mendongeng, memutarkan film atau video, bernyanyi, ataupun bermain peran. Pembelajaran tersebut merupakan pembelajaran yang terjadi di dalam kelas atau ruangan. Pembelajaran yang berlangsung di sekolah cenderung dilakukan secara monoton, baik dilihat dari segi metode, strategi, model, pendekatan, media, dan sumber belajar yang digunakan.

Alasan mengapa dikatakan demikian karena pembelajaran yang dilakukan biasanya selalu berada dalam kelas dengan paket buku-buku dan LKS/LKA (Lembar Kerja Siswa/Anak) sebagai acuan dalam berkegiatan. Penggunaan media juga biasanya hanya terbatas pada sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah. Hanya pembelajaran dengan pengembangan motorik kasar saja yang biasa dilakukan di luar kelas itu pun masih ada beberapa sekolah yang masih dalam ruangan untuk aktivitas yang mengembangkan fisik motorik kasar anak seperti olahraga atau melatih sebelum masuk dalam kegiatan inti.

Dari berbagai metode pembelajaran yang dapat dipilih tersebut, metode field trip merupakan salah satu metode yang dapat digunakan agar kegiatan dengan anak tidak membosankan. Karena melalui metode pembelajaran Field Trip akan memberi kesempatan kepada anakanak untuk mengalami sendiri dan secara langsung mengamati objek yang akan dipelajari anak.

Read More

Melalui metode Field trip anak akan memperoleh pengalaman belajar secara langsung dengan menggunakan seluruh pancaindranya, sehingga apa yang diperoleh dari lapangan dapat berkesan dan tentu saja secara tidak langsung pengalaman tersebut akan lebih dipahami dan lebih lama bertahan dalam ingatan anak (Mursid, 2015:39- 40).

Tetapi kenyataan dilapangan, metode Field trip masih sangat jarang dilaksanakan. Jika ingin memperkenalkan sesuatu biasanya anak hanya diperlihatkan gambar dari buku atau majalah dan juga melalui film ataupun video.

Metode field trip merupakan metode pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebagai tempat sekaligus sumber belajar bagi anak. Penerapan metode field trip bukan semata-mata mengajak anak didik berwisata ke suatu tempat, tetapi akan mengajak anak belajar diluar kelas untuk mengetahui atau menyembunyikan kebenaran pengetahuan yang didapat anak sebelumnya. Lokasi yang menjadi tujuan field trip tidak harus pada tempat yang jauh, akan tetapi tempat-tempat yang berada di lingkungan sekitar sekolahpun dapat menjadi tujuan dari field trip.

Pembelajaran metode fieldtrip adalah suatu kegiatan pembelajaran di luar kelas yang dapat menambah aspek kegembiraan dan kesenangan bagi anak didik sebagimana layaknya anak yang sedang bermain di alam bebas menjadi anak didik tanpa beban dan tanpa sengaja memperoleh pengetahuan atau keterampilan baru. Pembelajaran ini juga menumbuhkan rasa cinta akan lingkungan karena dengan mengamati sendiri, anak didik akan mengetahui keindahan alam dan cara menjaga atau memelihara lingkungan sekaligus juga mewujudkan nilai-nilai spiritual mengenai ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa (Erwin Widiasworo, 2017:79-81).

Manfaat dari metode fieldtrip atau kunjungan lapangan secara langsung adalah sebagai berikut:

  1. Membantu menumbuhkan autoaktivitas (aktivitas yang tumbuh dalam diri) anak, sehingga memungkinkan terjadinya proses pembelajaran aktif (belajar secara aktif). Anak akan terlibat secara aktif dalam belajar melalui proses mengamati, mencari, menemukan, dan mengkomunikasikannya.
  2. Memberi pengalaman belajar secara langsung atau pembelajaran secara nyata.
  3. Membantu anak proses memperoleh dan hasil belajar yang bermakna serta pembelajaran yang fungsional praktis, anak dapat menemukan, memahami, dan menerapkan secara langsug proses belajar pada berbagai aspek dalam kehidupan secara nyata. Dengan demikian, anak dapat memahami bahwa belajar tentang berbagai hal akan memiliki makna dalam kehidupan kini maupun di masa yang akan datang.

Penulis : Kamariah S.Pd nama TK TK Islam Darul Yaqin gelogor Kediri Lombok Barat NTB

Related posts