Implementasi Pendekatan Saintifik Berbasis TPACK Dalam Pembelajaran PAUD

  • Whatsapp
Foto : Membuat Salad Buah Bersama

RadarJateng.com, PendidikanAnak usia dini adalah anak yang berusia 0 hingga usia 6 tahun yang masih membutuhkan stimulasi di setiap perkembangannya, diantaranya yaitu perkembangan bahasa, fisik motorik, kognitif, sosial emosional, serta perkembangan moral pada anak. Perkembangan tersebut dapat berkembang secara optimal ketika anak diberikan rangsangan yang sesuai dengan tahapantahapan usia anak. Tujuan utama diselenggarakannya Pendidikan Anak Usia Dini adalah untuk membentuk anak indonesia yang berkualitas yaitu anak yang tumbuh dan berkembangan sesuai dengan tingkat perkembangan sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengurangi kehidupan di masa dewasa (Depdiknas, 2004).

Bergesernya zaman, membuat pendidikan mengalami kemajuan dan evolusi dalam penerapan ilmu pendidikan. Tidak hanya untuk usia atas, namun dalam pendidikan anak usia dinipun mangalami evolusi dalam penerapan ilmu pendidikan. Salah satunya dengan pendekatan saintifik dan TPACK.

Read More
Foto : Anak Dan Guru Melihat Vidio Pembelajaran

Apa itu pendekatan saitifik dan TPACK ?

Pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 PAUD –Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif membangun kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan melalui tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan.

Apa itu TPACK ?

Technological, Pedagogical, Content, and Knowledge (TPACK) menjadi sangat populer (kalau tidak mau dikatakan sebagai temuan baru) dengan adanya tulisan oleh Punya Mishra dan Matthew J. Koehler tahun 2006 dalam jurnal Teacher College Record. TPACK adalah kerangka kerja integrasi teknologi yang mengidentifikasi tiga jenis pengetahuan yaitu teknologi, pedagogi, dan pengetahuan (knowledge). yang diperlukan guru yang perlu dikombinasikan untuk mengembangkan model pembelajaran demi keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran modern. Ruhnya kerangka kerja TPACK adalah interaksi kompleks dari tiga bentuk utama pengetahuan, yaitu Konten (CK), Pedagogi (PK), dan Teknologi (TK)

Foto : Anak dan Guru Membuat Salad Buah Bersama

Banyak kegiatan untuk anak usia dini yang bersifat saintifik dan TPACK. Salah satunya adalah kegiatan membuat salad buah bersama di sekolahan. Berikut uraianya.

Kegiatan Membuat Salad Buah Bersama di Sekolah Berbasis Saintifik dan TPACK

  1. Mengamati

Anakanak mengamati bahan – bahan apa saja untuk membuat salad buah

  1. Menaya

Anakanak menayakan apa saja bahan – bahan membuat salad buah

  1. Mengumpulkan Informasi

Anakanak mengumpulkan informasi tentang bahan – bahan membuat salad buah

  1. Menalar

Anakanak menalar tentang bahan – bahan membuat salad buah

  1. Mengkomunikasikan

Dan anakanak mengkomunikasikan tentang bahan – bahan membuat salad buah

Foto : Anak Membuat Salad Buah

Sebelum proses kegiatan saintifik membuat salad buah, TPACK dalam kegiatan tersebut adalah anak dan guru menyimak materi pembelajaran tentang pembuatan salad buah melalui video pembelajaran.

Diharapkan dengan pendekatan saintifik dan TPACK pada pembelajaran anak usia dini, anak dapat meningkatkan kemampuan intelek khususnya kemampuan berpikir tingkat tinggi, dapat membentuk kemampuan anak dalam menyelesaikan suatu masalah secara sistematik, dapat melatih anak dalam mengkomunikasikan ide-ide, dapat mengembangkan karakter anak didik.

Penulis : Sovia Wahyuning Suci,S.Pd

TK TRISULA 02 Juwana-Pati

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.