Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Membedakan Huruf P dan Q Melalui Media Playdough.

Ibu Sri Watinah, S.Pd Guru TK Pembangunan Yapis Skanto Kabupaten Keerom, Papua

RadarJateng.com, Pendidikan Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang pesat bahkan dikatakan sebagai lompatan perkembangan, karena itu usia dini dikatakan sebagai usia emas (golden age) yaitu usia yang berharga disbanding usia selanjutnya. Pendidikan usia dini merupakan wahana Pendidikan yang sangat penting dalam memberikan kerangka dasar terbentuk dan berkembang dasar-dasar pengetahuan, sikap, dan keterampilan anak (Ahmad Susanto, 2016). Anak-anak adalah generasi penerus bangsa, kesadaran akan arti penting generasi penerus yang berkualitas mengharuskan kita serius membekali anak dengan Pendidikan yang baik agar menjadi generasi yang lebih baik dari pendahulunya.

Pendidik merancang media pembelajaran untuk AUD berdasarkan teori bermain dan permainan dalam rangka mewujudkan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak abad 21. Pendidik juga melaksanakan pembelajaran memilih sumber dan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dan karakteristik perkembnagan anak, membuat rancangan bermain dan model bermain yang disesuaikan dengan usia anak didik yang dilaksanakan dengan bermain. Kata pertama yang seringkali disandingkan dengan bermain adalah perasaan menyenangkan. Anak akan merasa Bahagia ketika melakukan kegiatan main. Bermain justru akan mengurangi atau bahkan mengubah perasaaan yang kutrang nyaman menjadi kondisi yang membahagiakan pada anak.

Membedakan Huruf P dan Q Melalui Media Playdough

Proses Pendidikan anak usia dini mengembangkan 6 aspek perkembangan anak, yaitu aspek kognitif, bahasa, social emosional, agama dan moral, fisik motoric, dan seni. Salah satu aspek pengembangan kemampuan dasar anak yaitu Bahasa. Kemampuan berbahasa sangatlah perlu dikembangkan karena berbahasa anak dapat memahami huruf  dan kata serta memahami hubungan antara Bahasa lisan dan tulisan pra membaca awal. Kemampuan mengenal huruf adalah tahap perkembangan anak dari belum tahu menjadi tahu tentang keterkaitan bentuk dan bunyi huruf, sehingga anak dapat mengetahui bentuk huruf dan memaknainya (Pangastuti & Hanum,2017).

Kemampuan membedakan huruf p dan q adalah bagian dari tahap mengenal huruf, dimana anak dapat mengetahui dan memahami serta dapat membedakan tanda aksara tata tulis yang merupakan huruf abjad dalam melambangkan bunyi Bahasa serta memiliki keterkaitan antara bentuk dan bunyi huruf.Dalam menstimulasi aspek Bahasa pada anak dalam membedakan huruf p dan q yaitu menggunakan media playdough. Bermain playdough memiliki manfaat yaitu meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak, mengasah kemampuan motoric halus anak, memberikan wadah saat anak susah mengekspresikan emosinya, anak mampu mengembangkan kemampuan bahasa dan literasi.

Antusias AnakAnak Membedakan Huruf P dan Q Melalui Media Playdough

Playdough adalah adonan mainan tepung terigu. Menurut Munandar (dalam Susanto, 2011:47), bahwa kemampuan merupakan daya untuk melakukan suatu tindakan sebagai hasil dari pembawaan dan latihan. Bermain playdough mengandung STEAM , yaitu acuan dalam mengembangkan ketrampilan memecahkan masalah dan melakukan perilaku ilmiah. Science, Technology, Engeeneryng, Art and Mathematic.

  1. Science, ketika tepung bisa berubah menjadi adonan playdough
  2. Teknology, penggunaan wadah untuk tempat adonan playdough
  3. Engineeryng, cara membuat play dough
  4. Art, ketika play dough bisa dibentuk benda dengan indah
  5. Mathematic, anak menakar tepung, garam, dan minyak goreng menggunakan sendok

Anak-anak akan senang saat mereka merasa mampu dan berhasil membuat playdough sendiri dan bisa membuat berbagai bentuk yang diinginkannya, missal membentuk huruf p dan q dengan warna playdough yang berwarna warni. Membuat playdough dan membentuknya menjadi benda sesuai yang diinginkan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan bagi anak usia dini, mereka tetap antusias dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Membuat playdough untuk meningkatkan motoric halus dan Bahasa anak dalam membedakan huruf p dan q sangat cocok dan menyenangkan untuk anak usia dini.

Penulis : SRI WATINAH, S.Pd, TK PEMBANGUNAN YAPIS SKANTO KABUPATEN KEEROM , PAPUA

Related posts