Ganjar Pranowo memimpin upacara HUT ke-78 Provinsi Jawa Tengah Di Brebes.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memimpin upacara HUT ke-78 Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (19/8/2023).

Radarjateng.com,BREBESGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memimpin upacara HUT ke-78 Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (19/8/2023). Menurutnya, peringatan itu adalah momen membangun ekonomi dengan kolaborasi antarpihak.

Ganjar mengatakan, periode 2019-2023, Jawa Tengah diterpa Covid-19 yang tidak hanya memengaruhi sektor kesehatan, juga kesehatan. Kondisi tersebut sempat mengempaskan upaya pertumbuhan ekonomi hingga minus.

“Saya sampaikan ada beberapa target yang belum berhasil tercapai, karena terkena pandemi Covid-19. Tapi kemudian bisa kita turunkan sama seperti sebelum terkena Covid-19, kita genjot kades, camat dan seluruhnya bergerak menurunkan. Alhamdulillah hasil BPS angka (kemiskinan) turun drastis,” ujar Ganjar, di lapangan alun-alun Kabupaten Brebes.

Read More

Namun, imbuhnya, seiring meredanya Covid-19, ikhtiar pemerintah bersama elemen warga Jateng, perekonomian Jateng pun membaik. Tercatat angka kemiskinan menurut BPS Jateng, pada Maret 2023 sebesar 3,79 juta orang. Angka ini turun 66,73 ribu orang bila dibandingkan September 2022. Dan turun 39,94 ribu orang bila dibandingkan Maret 2022. Bila dipersentase, jumlah penduduk miskin di Jateng 10,77 persen, hampir menyamai kondisi pada 2019.

Selain itu, Ganjar membeberkan, pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah menunjukan peningkatan. Bahkan, data BPS Jateng menyebut, angkanya jauh lebih baik daripada pertumbuhan ekonomi nasional. Pada Triwulan II 2023, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,23 persen, secara Year on Year (YoY). Catatan ini lebih baik dari pertumbuhan ekonomi nasional 5,17 persen.

Dengan kondisi itu, Ganjar yakin perekonomian di Jateng semakin maksimal. Oleh karenanya, ia mengajak seluruh pihak pro terhadap investasi.

“Kita gas pol investasi, bisa dilakukan bila kita tidak mempersulit perizinan, kalau tak ada pungli, jaga integritas, penegakan hukum bagus, maka pengusaha kalau datang jangan diperes, jangan dipersulit, itu akan jadi triger ekonomi,” paparnya.

Selain itu, Ganjar membeberkan peningkatan ekonomi masyarakat dengan optimalisasi peran Baznas.

Di acara tersebut, Ganjar juga menyempatkan diri berpamitan kepada seluruh warga Brebes, sebelum pada 5 September 2023 mengakhiri jabatan sebagai gubernur.

Related posts