Di Indonesia Snapdragon 8 Gen 1 Akan dipakai Samsung Galaxy S22

Di Indonesia Snapdragon 8 Gen 1 Akan dipakai Samsung Galaxy S22
Di Indonesia Snapdragon 8 Gen 1 Akan dipakai Samsung Galaxy S22

RADARJATENGSamsung Galaxy S22 series baru saja meluncur di Indonesia dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcomm. Sebelumnya ponsel premium Samsung di Tanah Air sering menggunakan cip Exynos, termasuk Galaxy S21 yang meluncur setahun lalu.

Product Marketing Manager Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus mengatakan, kehadiran chip Snapdragon 8 Gen 1 di Samsung Galaxy S22 series didasarkan pada permintaan konsumennya.

“Kami mendengarkan suara konsumen, banyak yang tanya kenapa enggak pakai snapdragon? Khusus kali ini, kami menghadirkan chip Snapdragon 8 Gen 1 di Samsung Galaxy S22 series,” kata Verry dalam konferensi pers virtual, Kamis (10/2/2022).

Menurut Verry, Samsung Galaxy S22 series dengan chip Snapdragon 8 Gen 1 bakal memberikan inovasi, performa, dan kamera lebih maksimal.

Verry menerangkan, keunggulan utama Snapdragon 8 Gen1 berasal dari teknologi CPU Armv9, Snapdragon Sight, dan modem X65. Dikarenakan dibuat dengan teknologi fabrikasi Samsung, chipset tersebut juga mampu menjalankan pemrosesan artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML) terbaik di smartphone.

“Ini untuk memberikan pengalaman yang lebih baik di berbagai penggunaan perangkat, termasuk dalam mendapatkan foto dan video paling jernih. Bahkan dalam kondisi minim cahaya dan daya tahan baterai paling awet,” tambahnya.

CPU Armv9 mampu meningkatkan kinerja AI menjadi lebih akurat. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi daya baterai hingga 30 persen berdasarkan analisis terhadap kebiasan pengguna dalam menggunakan smartphone.

Dengan begitu, baterai besar hingga 5.000mAh di Samsung Galaxy S22 Series 5G akan mendukung produktivitas dan kreativitas pengguna seharian. Ini juga dilengkapi teknologi super-fast charging hingga 45W.

Ada pula Snapdragon Sight yang mampu meningkatkan kualitas tangkapan kamera menjadi lebih superior berkat kemampuan AI dan ML. Hal ini mendukung Galaxy S22 Series 5G dalam menghadirkan berbagai peningkatan di bagian kamera, termasuk fitur Nightography.

Kemudian, kehadiran modem X65 memungkinkan Samsung Galaxy S22 Series 5G mendukung konektivitas 5G dengan kecepatan download hingga 10Gbps. Fitur itu juga dilengkapi kemampuan untuk terhubung dengan Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.2.

“Kehadiran CPU terdepan dari Qualcomm dan prosesor terbarukan dari Samsung di Galaxy S22 Series 5G pun memungkinkan pengguna menikmati pemrosesan gambar yang lebih cepat, performa gaming yang lebih lancar, hingga baterai yang lebih efisien,” ujar Dominikus Susanto, Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia.

Diwartakan sebelumnya Samsung Galaxy S22 tersedia dalam dua opsi prosesor, yakni Snapdragon 8 Gen 1 dan Exynos 2200. Di Indonesia, keluarga Galaxy S22 sudah bisa dipesan mulai 9 Februari – 3 Maret 2022.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Samsung A52

Related posts