Kegiatan Berenang Asik untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini.

Kegiatan berenang di KB TK Darussalam - Tenaru - Driyorejo - Gresik - Jawa Timur

RadarJateng.com, Pendidikan Pendidikan pada masa usia dini merupakan pendidikan yang sangat penting untuk anak dalam menerima pertumbuhan dan perkembangannya. Pertumbuhan dan perkembangannya merupakan proses alami yang terjadi dalam kehidupan manusia, dimulai sejak dalam kandungan hingga akhir hayat. Anak pada usia dini mempunyai potensi yang sangat besar unuk mengoptimalkan segala aspek perkembangannya, termasuk perkembangan nilai Agama.

Pada anak usia dini, motorik sangatlah penting dan diperlukan untuk mengembangkan kecerdasan anak dibidang pengembangan bahasa, seni, kognitif maupun kreativitas. Motorik kasar merupakan gerakan yang dihasilkan dari kemampuan mengontrol otot-otot besar, seperti berjalan, berlari, melompat dan berenang. Keterampilan motorik kasar berkembang lebih awal dibandingkan dengan keterampilan motorik halus. Jadi yang dimaksud dengan mengembangkan.

Berenang adalah olahraga yang sangat kompleks karena dapat melatih berbagai anggota tubuh baik tangan, kaki. Selain itu olahraga ini sangat bermanfaat karena dapat melatih pernafasan pada anak. Olahraga ini bisa dilatih sejak kecil dengan memasukkan ke club renang atau diajarkan sendiri oleh anda orang tua yang bisa berenang.

Read More

Pembelajaran renang pada anak prasekolah bertujuan untuk memberikan pengalaman terhadap anak terhadap kegiatan air yang menyenangkan, berani beraktivitas didalam air, sehingga merangsang perkembangan kognitif, sosial dan motorik anak. karena renang memberikan banyak manfaat bagi tubuh serta dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga ataupun teman dan merupakan cara yang tepat untuk memperkenalkan olahraga renang pada anak- anak melalui permainan.

Antusias anakanak berenang (KB TK Darussalam – Tenaru – Driyorejo – Gresik – Jawa Timur)

Manfaat berenang pada anak usia dini antara lain

Membentuk kepribadian anak, Anak yang suka belajar renang akan tumbuh menjadi anak yang percaya diri, bahagia, mandiri dan mudah menyesuaikan diri serta bermain didalam air dapat membuat anak gembira serta keberanian anak.

Memberikan rangsangan pada motorik, Bermain dalam air dapat membuat anak bergerak walaupun gerakan anak dalam berenang belum sempurna.

Melatih rasa percaya diri dan keberanian anak, Berenang dapat membentuk rasa kepercayaan diri terhadap anak. Dengan melihat kolam renang yang luas akan membuat anak untuk tertarik menjelajahinya sehingga anak akan melatih dirinya untuk percaya diri serta melatih keberaniannya.

Melatih kemampuan sosial anak, Dengan berenang bersama-sama dikolam renang maka akan membuat anak mudah berinteraksi dan bersosialisasi dengan temannya.

Mempercepat pertumbuhan, Olahraga renang dapat meningkatkan tinggi badan seseorang, sehingga mengajak berenang adalah usia terbaik untuk membuat anak menjadi tinggi.

Melatih keseimbangan, Anak yang dilatih renang akan menunjukkan keseimbangan yang lebih baik dibandingakan anak yang tidak dilatih renang.

Terbiasa dengan air, Jika anak sudah dilatih berenang, maka anak akan menjadi terbiasa dengan air sehingga anak tidak mudah panik ketika tercebur dalam genangan air.

Asyiknya berenang

Hal ini adalah salah satu kebiasaan yang harus dibiasakan sejak kecil berkaitan dengan keselamatan dalam air. Guru merasa perlu untuk mengatur aktivitas bermain air pada anak untuk merangsang kepercayaan diri, keberanian, fisik motorik, keseimbangan serta perkembangan sosial emosional. Karena renang merupakan salah satu olahraga yang dapat mengembangkan motorik kasar.

Hal ini akan terjadi jika antara pihak sekolah dan pihak orang tua dirumah mau untuk bekerjasama melatih dan mempertahankan pembiasaan ini, agar tujuan kegiatan ini dapat tercapai dengan sempurna dan akan melekat abadi dalam diri anak.

Yuukkk semangat bunda – bunda semuanya, yakinkan pada diri kita bahwa kita bisa membawah anak didik kita menuju ke suksesan.. amiin

Penulis : Siti Nur Maidah, S.Pd Guru KB TK Darussalam Tenaru-Driyorejo-Gresik-Jawa Timur

Related posts