Merangsang Kognitif Anak Usia Dini Menggunakan APE Sederhana “Cemuna (celemek multiguna)”.

Penggunaan APE sederhana “cemuna (celemek multiguna)”

RadarJateng.com, Pendidikan Seorang guru paud selalu menginginkan agar pesan yang disampaikan dapat diterima anak  dengan efektif dan efisien.untuk itu diperlukan media membelajaran, seperti yang kita ketahui bahwa peranan media pembelajaran dalam proses pembelajaran adalah sebagai penyalur pesan. Media yang dikembangkan dengan baik diharapkan dapat membantu anak memahami pesan yang disampaikan kepadanya.

Anak usia dini adalah bayi yang baru lahir sampai dengan usia genap 6 tahun. Untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini agar bisa tumbuh dan berkembang secara optimal maka diperlukan suatu rangsangan atau stimulus yang tepat. Salah satu rangsangan yang dibutuhkan adalah kegiatan bermain, karena sejatinya bermain adalah dunia anak yaitu dunia yang penuh dengan spontanitas dan menyenangkan. Bermain merupakan sarana belajar bagi anak dan sekaligus menjadi kegiatan pembelajaran untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak.

Salah satu aspek perkembangan anak yang perlu dioptimalkan adalah aspek kognitif. Aspek kognitif menjadi salah satu dari aspek yang dapat membantu tumbuh kembang si kecil. Kemampuan kognitif berhubungan dengan indera perasa, penglihatan, pemikiran, pengetahuan, bahasa, dan lain sebagainya. Tidak heran jika kemampuan ini harus dilatih sedini mungkin melalui aktivitas dengan media yang menarik untuk merangsang kognitif anak.

Read More

Bermain bagi anak mempunyai arti yang luas diantaranya yaitu anak memperoleh kesempatan megembangkan potensinya, anak akan menemukan kekuatan dan kelemahan pada dirinya, minat serta keinginannya. Bermain dapat memberikan peluang anak untuk berkembang dari fisik,Bahasa, social emosional serta kognitif. Bermain membantu anak memiliki perkembangan yang sehat serta kemampuan berpikir kritis. Bermain dapat memperkuat ingatan, membantu anak-anak memahami sebab akibat, serta mengarahkan mereka untuk menjelajahi dunia dan peran mereka di dalamnya. “Anak-anak belajar segala sesuatunya dari permainan. Itu membantu mereka menggunakan indera dan mendorong eksplorasi rasa keingintahuannya yang merupakan dasar dari kognitif,” ungkap Mendez. Bermain juga mendorong imajinasi Si Kecil. Permainan yang kreatif membantu anak-anak membuat konsep, bertukar pikiran dan melatih kemampuan kritis.

Dalam bermain akan lebih menyenangkan apabila menggunakan alat permainan yang lebih menarik yang dapat menumbuhkan rasa senang dalam bermain. Salah satu media permainan untuk merangsang kognitif anak seperti celemek multiguna .celemek multiguna merupakan media pembelajaran anak yang dibuat dari kain flannel. Media ini dapat digunakam seorang guru untuk menyampaikan informasi, materi atau bahan pengembangan kepada anak secara dinamis dalam arti dapat digunakan guru dengan membawa dan menunjukkannya kepada anak sambil berkeliling disekitar anak.

APE sederhana “cemuna (celemek multiguna)”

Secara prinsip media ini nampak seperti papan tulis namun mudah dibawa kemana mana tidak seperti papan tulis yang harus ditempatkan ditempat tertentu. “ media cemuna” ini kita disain untuk mengenalkan angka kepada anak agar lebih mudah anak dalam mengenal angka. Dan cemuna ini sangat mudah untuk dibuat  menggunakan barang – barang disekitar kita.  Berikut ini adalah rancangan pembuatannya :

  1. Cemuna (Celemek MultiGuna)
  2. Tujuan :
  • Menarik perhatian anak terhadap tema karena penyajiannya yang interaktif
  • Mendorong anak untuk mengemukakan pendapatnya tentang tema
  • Merangsang imajinasi anak tentang suatu tema atau masalah
  • Mengembangkan beberapa aspek perkembangan anak
  1. Alat dan bahan :

Alat     : Gunting, penggaris, jarum, spidol, tutup galon

Bahan : kain flanel, benang, pita, kardus, kertas emas, renda, lem,     perekat

  1. Spesifikasi : Ukuran 50 x 50 cm

Langkah- langkah pembuatan celemek multiguna adalah sebagai berikut:

  1. Sediakan alat dan bahan yang diperlukan
  2. Tentukan model cemuna yang akan dibuat
  3. Guntinglah kain flanel dengan ukuran 50 X 50cm dengan bentuk celemek yang diinginkan
  4. Gunting pula kain flanel yang berwarna lain dengan pola seperti kantongan untuk ditempel di bagian bawah kanan dan kiri
  5. Kemudian tempel bingkai dengan renda tersebut pada celemek untuk selanjutnya di jahit menggunakan jarum atau mesin jahit
  6. Berilah tali dari pita untuk leher dan pinggang
  7. hiasi bagian bingkai celemek dengan menggunakan pita, renda atau hiasan dari kancing agar terlihat menarik
  8. berilah kantong pada bagian bawah depan celemek  untuk menyimpan bahan- bahan materi yang akan disampaikan.
  9. Guntinglah kain flannel membentuk persegi kemudian ditulisi angka 1-10

Oleh, Novita Sari Pratiwi, S.Pd Guru TK Islam bakti XIV Wonorejo, Gondangrejo – Karanganyar – Jateng

Related posts