Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Produk Sarung Tangan Northy

Northy sarung tangan motor

RadarJateng.com, Lifestyle – Northy merupakan brand asal Yogyakarta yang bergerak dibidang sarung tangan motor berbahan kulit dan pertama kali merilis produknya pada tahun 2018. Brand ini didirikan oleh tiga orang pemuda yaitu Ardiansyah, Iksal Nuari Arda, dan Ilham Setia Pradana dengan awal memulai usahanya menjadi vendor produk sarung tangan untuk brand lain. Tetapi seiring berjalannya waktu, karena sering terjadi kendala produk tidak lolos standar dan kendala pembayaran, akhirnya mereka berinisiatif untuk membuat brand sendiri untuk produk sarung tangan yang diproduksinya.

Northy sekarang ini mempunyai sebelas model sarung tangan motor berbahan kulit yang bisa dipilih oleh para bikers untuk dipakai saat berkendara, diantaranya yaitu, Rocky Motorcross Gloves, Leon Leather Gloves, Fubar Leather Gloves, Osborn Leather Gloves, Chappo Leather Gloves, Half Finger Leather Gloves, Bold Leather Gloves, Nobleman Leather Gloves, Glory Letaher Gloves, Sabre Leather Gloves, dan Alpha Gloves. Dari model sarung tangan yang ditawarkan tersebut, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para bikers agar dalam berkendara motor lebih safety.

Produk sarung tangan yang ditawarkan oleh Northy mempunyai keunggulan dari segi bahan, karena bahan  yang dipakai menggunakan bahan kulit domba yang berkualitas sehingga lebih awet dan tidak lentur. Selain itu, produk sarung tangan yang diproduksi Northy mempunyai pilihan berbagai warna yang menarik dan tidak monoton sehingga saat dipakai bisa menambah lifestyle bagi pemakainya. Tetapi selain keunggulan yang ditawarkan tersebut, Northy juga mempunyai kelemahan dari segi harga, karena produk sarung tangan yang diproduksi Northy ini semua berbahan kulit sehingga menyebabkan harga yang ditetapkan lebih tinggi dibandingkan produk sarung tangan berbahan sintetis. Hal ini berakibat pada para bikers yang ingin membeli produk sarung tangan Northy ini harus merogoh kocek lebih dibandingkan jika ia membeli produk sarung tangan berbahan sintetis.

Dikutip dari artikel momsmoney.id “Garap Pasar Bikers, Northy Sukses Membangun Bisnis Sarung Tangan Kulit” Ardiansyah selaku salah satu owner dari Northy menuturkan, bahwa rata-rata penjualan sarung tangan Northy saat ini berkisar antara 100-300 pasang setiap bulannya dengan harga rata-rata Rp 250.000/pasang dan 80% penjualannya dilakukan melalui marketplace.

Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan, bahwa Brand Northy merupakan salah satu brand yang berfokus menyediakan produk sarung tangan berbahan kulit yang melayani penjualan baik secara online maupun offline. Adapun saran saya sebagai penulis kepada marketer Brand Northy adalah agar lebih bisa berinovasi lagi dalam memproduksi sarung tangan sehingga konsumen tidak hanya ditawarkan produk sarung tangan yang berbahan kulit tetapi bisa dengan bahan lainnya yang mempunyai harga lebih murah.

Penulis, Ahmad Muslich Amin Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Related posts