Anak TK Diajarkan Mencintai Makhluk Hidup dan Lingkungan dengan Panen Buah Mangga.

Anak TK Diajarkan Mencintai Makhluk Hidup dan Lingkungan dengan Panen Buah Mangga di TK Nur Aisyah, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember, Jawa Timur

RadarJateng.com, Pendidikan Anak usia dini merupakan masa emas yang mampu menyerap apa saja yang diajarkan dan diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran yang baik akan membentuk sikap dan perilaku anak menjadi baik. Seperti yang diajarkan TK Nur Aisyah, Kec. Pakusari, Kab. Jember memberikan pembelajaran pada anak didiknya dengan panen buah mangga yang dilakukan secara bersama-sama guru dan anak-anak.

Selain panen buah, anak-anak juga diajarkan untuk menyiram setiap hari tanaman yang ada di sekolah. Musim penghujan membuat tanaman berbuah lebat, sehingga guru mengajak anak-anak untuk panen buah mangga bersama yang dilakukan pada Rabu, 30/11 di halaman TK Nur Aisyah.

Anak TK Diajarkan Mencintai Makhluk Hidup dan Lingkungan dengan Panen Buah Mangga di TK Nur Aisyah, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember, Jawa Timur

Kepala Sekolah, Sri Raswanti juga memberi tahu kepada wali murid untuk ikut menjaga tanaman buah yang ada di sekolah. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pembelajaran cinta mankluk hidup dan lingkungan yang nantinya wali murid juga akan mengajarkannya ke anak-anak waktu di rumah.

Read More

Dengan panen buah mangga, anak-anak ikut merasakan syukur bahwa tanaman juga karunia dari Tuhan YME yang harus dijaga dan dirawat. Selain itu, anak-anak bisa belajar dengan benda yang nyata, mengeksplor pembelajaran yang berkaitan dengan lingkungan alam dan tanaman. Sewaktu panen, anak-anak memetik sendiri, kemudian mencucinya dan menjemur buah mangga.

Anak-anak merasa senang dan sangat antusias. Karena mereka bisa belajar dengan benda nyata dan bisa bereksplorasi dengan lingkungan. Sesuai dengan karakteristik anak usia dini, yaitu bahwa mereka senang bereksplorasi.

Marilah, ajak anak-anak untuk mencintai mahkluk hidup dan lingkungan yang diawali dengan merawat dan menjaga tanaman di lingkungan terdekat. Salah satunya yang ada di sekolah, yaitu seperti yang dilakukan pihak TK Nur Aisyah.

Penulis : Diana Hafida, S.Pd. Guru TK Nur Aisyah, Kec. Pakusari, Kab. Jember – Jatim

Related posts