Peran Kreatifitas Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Di TK ABA Jagapura Kersana, Brebes- Jawa Tengah.

Suasana Belajar di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jagapura Kersana, Brebes .Jawa Tengah

RadarJateng.com, Pendidikan Kreativitas guru merupakan ide dan aktualisasi guru yang berkaitan dengan cara kerja dalam mencapai sasaran yang diperlukan penggunannya, sehingga dapat memahami objek sasaran yang dikehendaki dalam upaya mencapai sasaran atau tujuan. Guru kreatif mampu menyeimbangkan serta menerapkan berbagai teori dengan mengadakan kegiatan pembelajaran yang inovatif, bertujuan untuk meningkatkan motivasi dalam kegiatan pembelajaran serta mengurangi kejenuhan dan kebosanan. Pemahaman, kesempatan dan fasilitas yang disediakan orang tua atau guru dalam meningkatkan kemandirian anak amatlah penting. Kemandirian anak akan menjadi tidak utuh bila pembinaan dilakukan setelah beranjak dewasa.Sukses mendidik dan menumbukan kemandirian anak terletak di tangan orang tua dan pendidik yang benar-benar perduli terhadap perkembangan kemandirian anak….

Cara meninggalkan anak sendiri atau bersama dalam pengasuhan orang lain bukanlah cara yang benar dalam mendidik dan menumbukan kemandirian anak. Tetapi kehadiran orang tua dan pendidik sekolah untuk selalu menjadi penyemangat, mendukung dan mendampingi segala kegiatan anak secara disiplin yang konsisten mendorong anak untuk bisa mengerjakan segala sesuatu kemandirian akan bermanfaat pada perkembangan kemandirian anak dimasa yang akan datang.Dalam mendidik dan menumbukan kemandirian anak, prinsip-prinsip disiplin terus menerus harus ditanamkan orang tua dan pendidik disekolah pada anak, karena prinsip tersebut akan menjadi bagian dari sikap hidup anak. Prinsip disiplin dimulai dari disiplin para orang tua dan pendidik anak dalam mendidik anak mandiri, karena anak akan meniru dan mencontoh apa yang dilakukan orang tua dan pendidik sekolah.Orang tua dan pendidik sekolah menjadi bagian penting dalam perkembangan kemandirian anak….

Suasana Belajar di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jagapura Kersana, Brebes .Jawa Tengah

Kebiasaan orang tua dan pendidik yang mencerminkan kemandirian akan dilakukan anak sesuai apa yang dilihatnya. Oleh karena itu, orang tua dan pendidik haruslah bekerja sama untuk melatih dan menumbuhkan kemandirian pada anak dengan mengembangkan hal-hal yang kreatif dan disukai oleh anak, karena selama di sekolah orang tua tidak diperkenankan untuk mengatur kehidupan anaknya. Dengan demikian, proses menumbuhkan kemandirian yang sedang dialami oleh anak ketika sedang berada di rumah ataupun disekolah, akan menjadikan anak merasa lebih percaya diri dengan semua sikap dan tingkah laku yang dilakukannya, dan juga mampu berdiri sendiri tanpa bergantung pada orang lain baik secara intelektual, emosional maupun spiritual….

Read More

Dalam hal tersebut, anak tahu dan mampu untuk mengerjakan perkerjaannya sendiri tanpa bergantung kepada orang lain dan bisa puas dengan apa yang telah dilakukannya sendiri.Kemandirian memiliki pengertian yang lebih luas dari kepercayaan diri. Kemandirian berkenaan dengan pribadi yang mandiri, kreatif, mampu untuk beradaptasi dan mengurus segala hal dengan diri sendiri. Dalam kegiatan belajar mengajar guru harus memperhatikan tahap- tahap perkembangan anak, agar lebih memahami kemampuan yang dimiliki anak. Menurut Surya,(2003: 2) guru harus memiliki bahan, sumber belajar, teknik kegiatan yang tepat dan kegiatan pembelajaran yang bervariasi, sehingga guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan bermakna dalam kegiatan sehari-hariSifat pertumbuhandan perkembangan anak usia dini berlangsung secara stimulan dan holistik, sehingga pendekatan dan desain, serta pelaksanaan pembelajaran anak tersebut terintegrasi secara terpadu.

Dengan demikian konsep yang diajarkan akan mendapat perhatian dan menumbuhkan kemandirian anak dalam belajar.Berkaitan dengan pentingnya kreatifitas guru dalam meningkatkan kemandiran anak sebagaimana diuraikan diatas, penulis tertarik untuk melakukan kajian mendalam atau penelian tentang bagaimana kreatifitas guru dan kemandirian anak serta bagaimana peran kreatifitas guru dalam meningkatkan kemandirian kemandirian belajar anak TK ABA Jagapura Kecamatan KersanaPada penelitian ini peneliti memilih menggunakan jenis penelitian kualitatif, karena penelitian ini meneliti tentang bagaimana upaya kreatif guru dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini di TK ABA Jagapura Kecamatan Kersana. Analisis ketiga yaitu mengenai peran kreativitas guru dalam meningkatkan kemandirian anak di TK ABA Jagapura Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes, selanjutnya penulis mengambil judul dalam penelitian ini dengan judul : “Peran Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Anak di TK ABA Jagapura Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes”.Kajian TeoretisKonsep Kreatifitas GuruSalah satu kemampuan utama guru yang memegang peranan penting dalam kegiatan pembelajaran dan proses pendidikan adalah kreatifitas.

Penulis : Yuli Farianti,S.Pd Guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jagapura Kersana, Brebes .Jawa Tengah

Related posts