Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Anak Usia Dini Dengan Permaianan Ular Tang Sekaligus Menstimulus Fisik Motorik Anak.

Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Anak Usia Dini Dengan Permaianan Ular Tang Sekaligus Menstimulus Fisik Motorik Anak

RadarJateng.com, Pendidikan Literasi Nusantara, 2021. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) saat ini sedang berkembang baik di Indonesia, mulai dari minat dan partisipasi masyarakat terhadap PAUD, perhatian pemerintah terkait kebijakan untuk PAUD bertumbuhnya lembaga-lembaga PAUD, hingga bertumbuhnya program studi PAUD di tingkat Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta agar datat melahirkan calon-calon pendidik PAUD yang berkualitas.

Dari pertumbuhan ruang lingkup PAUD ini sehingga dibutuhkan bahan ajar yang mendukung dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Anak adalah anugerah terindah sekaligus amanah yang diberikan Allah kepada setiap orang tua. Tugas mendidik anak pada dasarnya merupakan tugas orang tua di rumah. Bukan hanya pendidikan tentang keimanan saja, akan tetapi kemampuan membaca dan menulis juga perlu mendapatkan perhatian dari orang tua.

Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Anak Usia Dini Dengan Permaianan Ular Tang Sekaligus Menstimulus Fisik Motorik Anak

Menjadi guru hebat; cakap literasi-numerasi dan berkarakter,44, 2022

Read More

Kemampuan membaca merupakan kemampuan dasar yang mesti dimiliki oleh setiap anak. Membaca menjadi pangkal untuk memperoleh ilmu selanjutnya. Metode belajar yang baik untuk anak usia dini antara lain dengan bermain positif aktif dan permainan edukasi.

Banyaknya cara menstimulasi kemampuan literasi dan numerisi pada anak, disini saya menggukan permainan ular tangga. Dengan permainan ular tangga ini, anak akan dapat belajar mengenal huruf/simbol dan  angka/lambang bilangan, juga sekaligus dapat meningkatkan keterampilan fisik motorik kasarnya. Sehingga diharapkan dengan permainan ular tangga yang baik dan berulang, akan dapat meningkatkan literasi dan numerasi Pendidikan Anak Usia Dini.

Penulis : Ade Siswi Iryana Krisnawati, S.Pd. TK Pertiwi Kepil, Kab. Wonosobo Jawa Tengah

Related posts