JEPIT KARAKTER.

Guru dan Murid TK Kartika VI-10 Yonif 751/R Sentani, Jayapura Papua

RadarJateng.com, Pendidikan Latar Belakang. Sejumlah ketrampilan dalam matematika adalah mencocokkan, mengelompokkan atau klasifikasi, mengurutkan, belajar konsep bilangan, identifikasi pola, geometri, pengukuran, analisis data, dan pemecaan masalah. Penggunaan media  dan permainan yang tepat tentu akan membuat anak tertarik untuk belajar matematika dan sains sehingga kegiatannya menjadi menyenangkan.

Selama ini di kelas anak-anak hanya menggunakan media manik-manik untuk belajar identifikasi pola melalui kegiatan meronce sehingga anak-anak menjadi bosan. Dari permasalahan inilah maka saya mencoba membuat  media “Jepit Karakter” yang merupakan APE (Alat Peraga Edukatif) yang komplek/ multi fungsi yaitu bisa juga digunakan sebagai media mendongeng.

Tujuan                                                              

Read More

Tujuan APE ini adalah:

  1. Meningkatkan kemapuan motorik halusnya saat anak menekan-nekan jepit jemuran
  2. Meningkatkan kemampuan mengenal pola AB-AB-AB atau ABC-ABC-ABC
  3. Mengembangkan kemampuan menyortir dan mengelompokkan
  4. Mengembangkan kemampuan mendongeng
  5. Meningkatkan kemampuan membuat cerita baru menurut imajinasi anak dari media “Jepit Karakter” yang dimainkannya
Jepit Karakter

Alat dan bahan

  1. Gunting
  2. Spidol warna
  3. Kertas asturo
  4. Jepit jemuran
  5. Lem bakar
  6. Stik es krim
  7. Buku gambar

Cara membuat

  1. Gambarlah tokoh-tokoh dongeng yang dikenal anak pada kertas asturo Misal tokoh dongeng Si Tudung Merah. Maka yang di gambar adalah si tudung merah, srigala, nenek, dan penebang pohon. Semua tokoh tadi digambar dengan kepala menoleh ke samping. Warnai menggunakan spidol warna agar terlihat indah. Ukuran gambar, lebar 3cm dan tinggi 6cm.
  2. Gunting semua gambar lalu potong menjadi 2 di bagian kepala tepatnya pada mulut
  3. Panaskan lem bakar. Rekatkan potongan tadi di sisi samping jepit jemuran. Bagian kepala direkatkan sisi samping atas, bagian badan direkatkan sis samping bawah
  4. Siapkan buku gambar. Gambarlah pohon-pohon dan rumah nenek sebagai latar cerita agar kegiatan mendongeng semakin menarik
Bermain Jepit Karakter

Cara bermainnya

Karena APE ini multi fungsi, maka berikut adalah cara memainkannya.

1. Identifikasi pola. Letakkan “Jepit Karakter” dan stik es krim di meja. Minta anak menyusun pola AB-AB (tudung merah-nenek) atau ABC-ABC (tudung merah-srigala-nenek) dengan menjepitkan pada stik es krim. Buat 4-5 susunan, lalu minta anak untuk menata memanjang di mejanya.

2. Menyortir dan mengelompokkan . Letakkan “Jepit Karakter” di meja. Minta anak untuk menyortir dan mengelompokkan. Siapkan wadah untuk tempatnya.

3. Mendongeng. Siapkan buku latar cerita. Siapkan tokoh-tokoh dongeng. Minta anak menekan-nekan jepit saat tokoh berbicara sesuai percakapan dalam naskah dongeng. Dengan menekan jepit, maka mulut tokoh tersebut akan terbuka.

Penulis : Binti Suhartatik, S.Pd, TK Kartika VI-10 Yonif 751/R  Sentani, Jayapura Papua

Related posts