Strategi Pembelajaran Melalui Bernyanyi.

TK Betlehem Waena, Jayapura Sedang Bernyanyi Bersama.

RadarJateng.com, Pendidikan Manusia merupakan makhluk individu. Perbedaan individual juga harus menjadi pertimbangan guru dalam merancang, menerapkan, mengevaluasi kegiatan, berinteraksi, dan memenuhi harapan anak.

Kriteria Pemilihan Strategi Pembelajaran

Menurut Masitoh dkk (2005) strategi pembelajaran  sebagai segala usaha guru dalam menerapkan berbagai metode pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Ada bermacam-macam strategi pembelajaran yang dapat dipilih oleh guru Taman Kanak-kanak. Pemilihan strategi pembelajaran hendaknya mempertimbangkan beberapa faktor penting yaitu:

Read More
  1. Karakteristik tujuan pembelajaran
  2. Karakteristik anak dan cara belajarnya
  3. Tempat berlangsungnya kegiatan belajar
  4. Tema pembelajaran
  5. Pola kegiatan

Rasional strategi pembelajaran melalui bernyanyi

Honig, dalam Masitoh dkk (2005) menyatakan bahwa bernyanyi memiliki banyak manfaat untuk praktik pendidikan anak dan perkembangan pribadinya secara luas karena:

  1. Bernyanyi bersifat menyenangkan
  2. Bernyanyi dapat dipakai untuk mengatasi kecemasan
  3. Bernyanyi merupakan media untuk mengekspresikan perasaan
  4. Bernyanyi dapat membantu membangun rasa percaya diri anak
  5. Bernyanyi dapat membantu daya ingat anak
  6. Bernyanyi dapat membantu pengembangan ketrampilan berpikir dan kemampuan motorik anak
  7. Bernyanyi dapat meningkatkan keeratan dalam sebuah kelompok

Sintaks pembelajaran melalui bernyanyi

Strategi pembelajaran dengan bernyanyi terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut:

1. Tahap perencanaan

Mulai dari penetapan tujuan pembelajaran, penetapan materi pembelajaran, menetapkn metode dan teknik pembelajaran, dan menetapkan evaluasi pembelajaran.

2. Tahap pelaksanaan

Berupa pelaksanaan apa saja yang telah direncanakan yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan tambahan, dan kegiatan pengembangan. Kegiatan awal yaitu guru memperkenalkan lagu yang akan dinyanyikan bersama dan memberi contoh bagaimana seharusnya lagu itu dinyanyikan serta memberikan arahan bagaimana bunyi tepuk tangan yang mengiringinya.

Kegiatan tambahan yaitu anak diajak mendramatisasikan lagu, misal lagu Dua Mata Saya, anak melakukann gerakan menunjuk anggota tubuh yang ada dalam lirik lagu. Kegiatan penilaian yaitu guru membantu anak untuk mengenal nada tinggi dan rendah dengan alat musik, misalnya pianika.

3. Tahap penilaian

Dilakukan dengan memakai pedoman observasi untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang telah dicapai anak secara individual maupun kelompok.

Penulis Magdalena Mangeka, S.Pd. TK Betlehem Waena, Jayapura

Related posts