Langkah Jitu Dalam Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini.

Langkah Jitu Dalam Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini.

RadarJateng.com, Pendidikan Membaca adalah suatu kegiatan yang mendasar dan sangat penting dalam kehidupan manusia, hingga begitu pentingnya sampai Sang Pencipta yaitu Allah SWT. Memberikan wahyu yang pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW adalah disuruh untuk membaca. Oleh karenanya kunci pokok utama untuk mengenal sesuatu dalam kehidupan sehari hari adalah dengan cara membaca. Dalam kehidupan beragamapun membaca adalah hal yang sangat mutlak untuk mengetahui segala perintah dan larangan dari Tuhannya, dan berlaku untuk siapa saja baik anak anak, dewasa dan orang tua. Penekanan minat baca harus kita tanamkan sejak anak anak meskipun masih usia dini, kini banyak terbukti anak anak sudah bisa menghafal kitab suci dengan lancar dan fasih.

Bagaimana cara agar anak pada usia dini bisa membaca bahkan menghafalkannya?

Berikut Langkah Jitu dalam meningkatkan minat baca pada anak usia dini:

Read More

1. KENALKAN BUKU PADA ANAK SEJAK DINI

Dengan mengenalkan buku sejak dini anak akan merespon apa itu buku yang berisi gambar dan tulisan yang disesuaikan dengan usia mereka. Disini butuh peranan orangtua untuk mengenalkan sampai ahirnya anak akan penasaran untuk tahu lebih banyak tentang buku. Peranan Orang tua sangat penting untuk mengajari membaca dengan berbagai cara hingga anak merasa senang.

2. MEMBERIKAN HADIAH PADA ANAK BERUPA BUKU YANG MENARIK

Langkah awal kemandirian anak untuk mengenal macam dan jenis buku dengan cara memberikan hadiah berupa buku, sehingga semakin banyak koleksi buku yang mereka terima semakin anak lebih mandiri untuk membuka dan membacanya. Anak akan merasa senang dan berpura pura bisa membacanya dengan banyolanya, itulah Langkah awal anak sudah mulai menyukai buku untuk bacaan.

3. AWALI DENGAN MEMBACAKAN DONGENG

Inilah Langkah yang paling praktis dalam memahami buku bacaan yang diberikan kepada anak, karena anak balum mampu mengartikan bacaan dan tulisan, maka disinilah peranan orang tua mengarahkan bacaannya denga cara memberikan edukasi dengan cara mendongeng cerita yang ada pada buku tersebut sampai anak penasaran bacaan selanjutnya. Dongengan tersebut akan selalu diingat pada anak karena banyak mengandung pesan saran dan ajakan sehingga anak akan lebih paham dan akan tertarik untuk meminta bantuan mengartikan bacaan dalam bukunya, disitu orang tuan akan mengajari sembari aktifitas lainnya.

4. MEMBERI CONTOH

Kehidupan harmonis dalam keluarga akan didasari dengan kesadaran dan keihlasan untuk membangun masa depan anak anaknya, dari hal yang kecil samapai hal yang besar. Salah satu contoh kegiatan dalam satu rumahtangga membiasakan membaca Hadits hadits Nabi dan didengarkan oleh anggota keluarga yang lain. Rutinitas membaca kitab dan buku buku Hadits biasanya dilakukan pada keluarga muslim yang setiap harinya pagi atau sore hari anggota keluarga berkumpul dengan mendengarkan bacaan Taklim  satu atau dua hadits Nabi oleh ayahnya atau istrinya atau salah satu anggota keluarga yang lain. Inilah cara untuk memberi contoh kepada anak sekaligus menanamkan betapa pentingnya membaca dan meriwayatkan suatu cerita dari berbagai kisah sehingga anak memahami dan akan meniru Langkah yang positif.

5. LUANGKAN WAKTU UNTUK MEMBACA

Dari poin ke 5 bisa disimpulkan bahwa kegiatan membaca baik membaca kitab suci maupun membaca bacaan yang lain harus menyisihkan waktu khusus untuk membacanya sehingga dengan waktu yang tersedia itu akan lebih nyaman dan tenang tanpa terganggu dengan kegiatan yang lain. Suatu contoh sehabis Sholat maghrib anak diharuskan belajar dengan mengenalkan bacaan Alqur,an, setelah sholat isya, anak belajar membaca cerita sekalugus mendongeng dan pagi harinya ceritakan apa yang dibaca dan yang didongengkan semalam dan seterusnya.

TK Cikas Islamic School, Bekasi

6. CIPTAKAN RUANG BACA YANG MENARIK

Setelah anak sudah mulai suka membaca, orang tua harus menyediakan ruang baca yang menarik sehingga akan akan memngajak teman temanya untuk membaca di ruangan tersebut, dengan diberi ornament hiasan dan berbagai macam buku yang ada anak akan lebih senang membaca dan beredukasi diruang tersebut.

7. AJAK ANAK UNTUK MEMBELI BUKU

Kegiatan inilah yang disukai anak anak mereka bisa jalan jalan ke Mall dan jajanan sampai ke toko buku, di situlah anak akan mengekspesikan suatu keinginan sehingga anak akan mencari buka yang dia inginkan. Meskipun buku itu dianggap tidak berguna namun minat baca anak akan tumbuh dengan sendirinya karena buku yang dia sukai sudah terbeli.

8. MANFAATKAN BADGET

Peranan orang tua sangat penting dalam mengawasi dan mengontrol anak dalam mengenalkan badget dan digital jangan sampai dengan hadirnya media elaktronik tersebut akan menghilangkan minat baca pada anak. Meskipun dunia sudah secanggih ini anak tetep mempunyai budanya bermain bermanja dan beredukasi dan mengenalkan jati diri anak pada yang lain hingga akan mengerti apa yang harus dia lakukan.

Demikian sekilas Langkah jitu untuk meningkatkan minat baca pada anak usia dini semoga bisa memberikan inspirasi dalam kehidupan kita.

Terima kasih Wasalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Penulis : Bhunga Annatya Riri.H., S.Pd, TK Cikas Islamic School, Bekasi

Related posts