Pentingnya Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini.

Kegiatan Keagamaan TK PGRI 04 Bangil Kec. Bangil Kab. Pasuruan Provinsi Jatim

RadarJateng.com, Pendidikan Pentingnya Aspek Nilai Agama Dan Moral Untuk Anak Usia Dini-Dalam mendidik seorang anak, hal yang paling utama ditanamkan sebaiknya adalah nilai agama dan moral. Sebab agama dan moral adalah pondasi utama dalam membentuk karakter seoang manusia. Jika manusia tidak memiliki moral, maka sikapnya akan buruk, begitupun jika seorang manusia tidak memiliki agama, maka tujuan hidupnya tidak akan jelas.

Itulah mengapa begitu pentingnya aspek nilai agama dan moral untuk anak usia dini. Anakanak bagaikan selembar kertas putih yang masih bersih. Dan apa yang kita ajarkan bagaikan tinta hitam yang akan terpatri apda diri anak. Maka dari itu semenjak dini anak harus diajarkan hal – hal yang baik menurut moral dan agama. Tentunya hal ini bertujuan untuk memberikan sang anak bekal saat menghadapi kehidupan di hari – hari berikutnya hingga ia dewasa.

Pengajaran kepada anak memang tidak harus keras dan memaksa. Cara ampuh memberikan pelajaran atau didikan kepada anak adalah dengan memberikan anak contoh dengan sikap kita. Sebab anak adalah peniru yang ulung. Kita yang dalam kesehariannya berada di sekitar anak, akan diperhatikan dan dicontoh oleh anak. Maka dari itu dalam berperilaku ketika dihadapan anak juga kita harus hari – hati. Dan sebisa mungkin harus memberikan contoh yang baik di depan anak.

Read More

Berikut ini adalah pentingnya menanamkan aspek nilai agama dan moral kepada anak sejak usia dini , di antaranya adalah :

#1 Memperkenalkan Anak Kepada Tuhan

Salah satu tujuan menanamkan aspek agama kepada anak sejak dinia dalah untuk memperkenalkan anak tentang keberadaan Tuhan. Bagaimana pun anak harus mengetahui adanya Tuhan, dan sipaa itu Tuhan. Mungkin saat masih kecil anak diberikan pengajaran agama yang dianut oleh orang tua terlebih dahulu, ketika usia18 tahun lebih anak boleh memilih agama mana yang akan dianut.

Alasan kenapa penting sekali mengajarkan anak tentang adanya tuhan sejak dini adalah untuk memberikan anak tentang pengetahuan siapa yang menciptakannya, siapa yang menciptakan langit bumi dan seisinya. Supaya anak bisa mengagungkan penciptanya.

Menetapkan keimanan dalam hati anak memang akan sedikit sulit. ,maka dari itu perkenalkan anak mengenai Tuhan dengan Bahasa yang sederhana dan dapat dimengerti oleh anak.

Murid TK PGRI 04 Bangil Kec. Bangil Kab. Pasuruan Provinsi Jatim

#2 Mengajarkan Anak Cara Beribadah

Dengan memperkenalkan anak tetang agama saat ini akan mengajarkan anak apa dan bagaimana ibadah yang baik itu. Sehingga ketika sudah besar anak sudah mengerti apa yang harus ia lakukan sebagai orang beragama ,dan juga sudah paham bagaimana cara beribadah yang baik dan benar, sehingga ibadah menjadi kebiasaan sejak dini.

#3 Membentengi Sikap Anak Dari Hal Buruk

Agama manapun akan mengajarkan kebaikan, begitupun dengan hukum moral. Maka dair itu dengan mengenalakan aspek nilai agama dan moral kepada anak sejak dini akan membentengi anak dari melakukan hal – hal buruk.

Dengan diajarkan aspek nilai agama dan moral anak akan menjadi tahu apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dia lakukan. Mana yang baik di hadapan Tuhan dan apa yang dilarang oleh Tuhan. Semua itu penting untuk menjadikan pribadi anak yang baik hingga masa depannya nanti.

Anak yang sudah terbiasa dididik dengan ajaran yang baik, kelak ketika sudah menjadi dewasa akan menjadi pribadi yang lurus yang baik dan bijaksana, menanamkan niral moral dan agama yang bagus. Sehingga kecil kemungkinan anak menjadi orang yang buruk peringainya.

Penanaman nilai dan aspek nilai agama dan moral yang kuar kepada anak, nantinya akan mencegah anak melakukan hal – hal negative, karena dalam hati anak akan tertanam nilai moral dan agama, sehingga ketika akan berbuat jahat misalnya, anak akan takut bahkan jika terlanjur melakukan sang anak nantinya akn memperoleh penyesalan dalam dirinya.

Itulah mengapa begitu pentingnya bagi orang tua untuk menanamkan aspek nilai agama dan moral kepada anak sejak usia dini. Jika anak dibiarkan hingga dewasa tanpa pengenalan aspek nilai moral dan juga agama, maka akan sulit untuk meliuruskan sikap anak yang sudah terlanjur buruk atau tidak baik, jadi lebih baik dilakukan sedari sekarang.

Penulis : Novi Sulistiyorini,S.Pd TK PGRI 04  Bangil Kec. Bangil Kab. Pasuruan Provinsi Jatim

Related posts