Sinergi Dengan TNI, Polres Blora Bantu Evakuasi Bangkai Pesawat T-50i Golden Eagle.

Personil Polres Blora bersama dengan TNI melakukan proses evakuasi bangkai pesawat latih T-50i Golden Eagle TNI AU yang jatuh di Desa Nginggil, Kradenan, Blora, Jawa Tengah pada Rabu (20/7).

Radarjateng.com,BLORA – Personil Polres Blora bersama dengan TNI melakukan proses evakuasi bangkai pesawat latih T-50i Golden Eagle TNI AU yang jatuh di Desa Nginggil, Kradenan, Blora, Jawa Tengah pada Rabu (20/7). Sejumlah serpihan pesawat diangkut dengan menggunakan truk militer dengan dibantu sejumlah relawan.

“Proses pengangkatan bangkai pesawat dilaksankan Rabu pagi ini oleh petugas gabungan TNI Polri dari Lanud Iswahyudi, Polsek Kradenan, Koramil Kradenan dan dibantu oleh tim relawan,” ungkap Kapolres Blora AKBP Fahrurozi, pada Rabu, (20/7) siang.

Ditambahkan, bangkai pesawat yang telah dievakuasi tersebut diamankan sementara di Balai desa Kradenan. Ditambahkan pula bahwa proses pencarian sisa-sisa bangkai pesawat akan terus dilakukan hingga satu minggu ke depan.

Read More

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa satu pesawat latih milik TNI AU dikabarkan jatuh di hutan kawasan Desa Nginggil, Kradenan, Blora pada senin malam lalu saat menjalani latihan terbang malam. Pesawat tersebut mengalami hilang kontak dengan Lanud Iswahyudi pada pukul 19.25 WIB.

Sebelum kejadian, sejumlah saksi mata di desa Nginggil melihat ada dua pesawat yang terbang diatas desa mereka. satu diantaranya kemudian tampak terjatuh dihutan yang mengakibatkan kobaran api di lokasi jatuhnya pesawat pesawat jatuh pada pukul 18.30 WIB.

“Awalnya kita lihat di udara ada dua pesawat, satunya pergi dan satunya terjatuh di hutan. Setelah api yang membakar hutan ini padam dan warga melihat banyak puing-puing besi yang diduga adalah pesawat terbang yang jatuh tadi,” Laji, salah seorang warga desa Kradenan.

Akibat kejadian tersebut, pilot pesawat T-50i Lettu (Pnb) Allan Safitra Indera dinyatakan gugur. Lettu (Pnb) Allan merupakan salah satu penerbang terbaik TNI AU, lulusan AAU tahun 2015 dan Sekolah Penerbang TNI AU tahun 2017. Perwira yang terakhir bertugas di Skuadron 15 Lanud Iswahyudi itu, meninggalkan seorang istri dan anak yang masih balita

Terkait musibah yang menimpa jajaran TNI AU tersebut, Kapolda Jateng melalui Kabidhumas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyatakan turut berduka cita yang mendalam. Pihak Polda Jateng menyatakan telah menerjunkan personel dari kesatuan terdekat untuk membantu evakuasi bangkai pesawat.

“Pada prinsipnya Polda Jateng siap membantu dan mendukung kelancaran proses evakuasi. Kapolda secara pribadi memberikan atensi khusus dan berharap agar situasi di sekitar lokasi tetap kondusif sehingga segala prosesnya berjalan lancar,” kata dia.

Related posts