Berawal Coba-coba Ikut Lapak Ganjar, Kerajinan Enceng Gondok Berkembang Pesat.

Proses produksi kerajinan enceng gondok.

Radarjateng.com, SEMARANG – Lagi-lagi, ada cerita menarik dari UMKM yang ikut Lapak Ganjar. Kali ini, cerita datang dari Bengok Craft, yang berkembang pesat berkat promosi online melalui instastory Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tersebut.

Firman Setyaji, owner Bengok Craft menuturkan bahwa usahanya itu merupakan usaha kerakyatan berbasis pemberdayaan masyarakat yang mengolah enceng gondok menjadi anrka kerajinan.

Read More

“Kita mulai usaha ini tahun 2019. Jadi, ini masuk tahun ke empat,” ujarnya saat ditemui di tempat produksinya Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Sabtu (14/5/2021).

Selama ini, fokus penjualannya dilakukan melalui Instagram dan Whatsapp. Salah satunya adalah lewat Lapak Ganjar.

“Kalau keunggulan Instagram kita bisa menjangkau lebih luas dengan market nasional. Salah satunya ikut Lapak Ganjar, awalnya coba-coba dan alhamdulillah direpost,” paparnya.

Setelah direpost itu, jelas dia, usahanya mulai kebanjiran order. Dua tahun terakhir saat lebaran juga ramai dapat pesanan parsel hantaran.

“Direpost, alhamdulillah mulai muncul banyak pesanan. Dan dari Lapak Ganjar juga dua tahun ini rutin dipesanin parsel hantaran, yang pertama 120an buah dan tahun ini ada 250an buah,” ungkapnya.

Bengok Craft saat ini memproduksi berbagai kerajinam berbahan baku enceng gondok. Seperti parsel, sandal, fesyen (tas, topi, baju dan lainnya).

“Untuk tahub ini kita mulai ke arah global. Mei ini ada pameran di Jepang, dan ini juga dampak baik langsung maupun tidak langsung dari Lapak Ganjar,” tandasnya.

Related posts

Sewa Alat Kesehan Alkes Murah