Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro Ciptakan Lingkungan Pucangrejo Sehat di Tengah Munculnya Varian Baru Covid-19 (Omicron)

Pucangrejo, Kendal (28/01/2022) Mahasiswa Universitas Diponegoro tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode I, tepatmya 5 Januari hingga 15 Februari 2022. Kegiatan KKN kali ini mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis SDG’s”. Kegiatan dilaksanakan di tengah munculnya covid 19 jenis baru, yaitu Omicron. Oleh karena itu pelaksanaan KKN dilakukan secara individu di kampung masing-masing dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan.

Pandemi Covid-19 yang masih melanda mengingatkan kita akan ancaman yang besar bagi Indonesia apabila tidak dikendalikan dengan cara yang cermat. Kendati demikian, tidak menjadi penghalang bagi mahasiswa Universitas Diponegoro untuk melaksanakan pengabdian masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Pelaksanaan KKN periode ini dilaksanakan semi online, dengan masih menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan setiap program kerjanya.

Read More

Sosialisasi terkait perilaku hidup bersih dan sehat menjadi salah satu program kerja yang ditujukan untuk masyarakat RW 05 Desa Pucangrejo, Gemuh, Kabupaten Kendal. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan melihat keseharian warga RW 05 Desa Pucangrejo yang justru merasa bosan dan tidak sedikit yang mulai acuh terhadap protokol Kesehatan. Sehingga sosialisasi mengenai perilaku hidup bersih dan sehat di masa pandemi covid-19 ini menjadi penting untuk diberikan kepada masyarakat.

PHBS merupakan upaya untuk memperkuat budaya masyarakat agar peduli dan mengutamakan kesehatan untuk mewujudkan kehidupan yang lebih berkualitas. Program ini dibuat guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Dengan program ini, diharapkan masyarakat Pucangrejo dapat membaca, mengingat, serta menerapkan kembali perilaku hidup bersih dan sehat di masa pandemi guna memutus rantai penyebaran virus corona di Indonesia.

Menurut salah satu warga RW 5, Kamelia mengatakan, “sosialisasi dengan media poster serta dilakukan dari rumah ke rumah cukup efektif dan akan tepat sasaran sehingga masyarakat akan lebih peduli serta menerapkan protokol Kesehatan terutama memakai masker.

Irbabul mengungkapkan “Saya selaku Ketua RT 02 RW 05 disini merasa sangat terbantu dengan adanya Mahasiswa KKN Undip. Terlihat dari beberapa kegiatan yang terlaksana seperti arisan PKK sudah mematuhi protokol kesehatan. Saya harap kedepannya warga RW 5 terutama pada lingkup RT 02 dapat terus menerapkan sesuai protokol kesehatan hingga pandemi covid-19 ini benar-benar usai.”

Sosialisasi mengenai perilaku hidup bersih dan sehat ini dilakukan pada tanggal 26-28 Januari 2022. Sosialisasi dilakukan dengan cara door to door dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, dalam melaksanakan program ini juga dilakukan penempelan poster PHBS di tempat-tempat yang strategis seperti di gang menuju ke RW 05, mushola, poskampling, warung dan lain-lain.

Respon yang diberikan masyarakat dengan adanya program mengenai PHBS ini, sangat baik, terlihat mereka antusias mendengarkan penjelasan dari yang kita sampaikan, beberapa ada yang aktif bertanya. Selain itu, mereka juga bersedia untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari dan bersama-sama menuju Pucangrejo Sehat.

Related posts