Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Pendampingan Belajar Anak di Rumah

Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Pendampingan Belajar Anak di Rumah
Proses pendampingan pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim 1 Undip 2021/2022 (Dokumentasi Pribadi).

Reportase KKN UNDIP – Kendal, Langenharjo (28/01/2022). Pandemi COVID-19 berdampak signifikan pada berbagai sektor kehidupan dalam masyarakat terutama sektor pendidikan. Pembelajaran tatap muka sudah berlangsung saat ini namun tak serta merta dapat berlangsung secara efektif. Karena siswa harus beradaptasi lagi dengan pembelajaran tatap muka setelah sebelumnya melakukan pembelajaran daring secara terus menerus dalam kurun waktu lebih dari dua tahun lamanya. 

Dikutip dari seorang guru bernama Wakidi di salah satu sekolah di Kabupaten Kendal, Rabu (12/01/2022). “Penerapan tatap muka sangat perlu karena begitu guru dapat mengetahui apa yang kurang dan yang dibutuhkan oleh siswa-siswanya. Walaupun PTM sekarang terbilang kurang efektif karena memotong jam pelajaran untuk mengurangi kerumunan disekolah. Siswa juga membutuhkan adaptasi lagi dengan metode pembelajaran tatap muka yang mana selama dua tahun ini menggunakan metode pembelajaran daring/online.”

Oleh karena itu, peserta KKN Tim 1 UNDIP 2021/2022 hadir membantu dengan melaksanakan program pendampingan belajar bagi anak-anak yang sedang dalam proses pembelajaran sehingga dapat beradaptasi dan juga dapat memahami materi yang diberikan guru dengan baik, serta sejalan mewujudkan SDGs pendidikan berkualitas. Rangkaian program dimulai dengan memastikan anak memahami lembar kegiatan saat mereka belajar, membimbing anak untuk memahami materi pembelajaran dan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru, secara aktif mengeksplorasi dan memecahkan masalah kesulitan belajar dalam proses pembelajaran dengan menggunakan sesi tanya jawab. Selain itu, mengedukasi orang tua tentang pentingnya pendampingan dalam proses pembelajaran.

Read More

Para orang tua menyambut baik program pendampingan belajar ini. “makasih ya mas, sudah memberikan pendampingan belajar bagi anak kami, kami sangat terbantu sekali. Soalnya sering bukannya belajar malah mainan hp terus.” Ucap Bu Lusiana selaku orang tua dari anak yang dibantu pendampingan, Jumat (28/01/2022).

Belajar pada dasarnya merupakan kegiatan yang mudah dan penting. Bimbingan dirancang untuk membuat siswa atau anak tetap tenang dan fokus dalam studinya. Program ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir logis, kreatif, interaktif, dan sistematis bagi anak.

Related posts