Ganjar Pranowo akan menyampaikan orasi jurnalistik pada perayaan puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 Tingkat Jawa Tengah, di Kendal.

- Ketua PWI Jateng Amir Machmud, NS didampingi oleh Sekretaris PWI Jateng Setiawan Hendra Kelana dan Wakil Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Ahmad Ris Ediyanto serta Ketua Panitia HPN 2022 Solikun berfoto bersama Gubernur Ganjar Pranowo usai diskusi puncak peringatan HPN 2022, di Puri Gedeh Kota Semarang, Jum'at (28/1/2022).

Radarjateng.com,SEMARANGGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan menyampaikan orasi jurnalistik pada perayaan puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 Tingkat Jawa Tengah, di Kendal, 19 Februari mendatang.

Ganjar menyampaikan kesiapannya saat berdiskusi dengan jajaran Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah di Puri Gedeh, Jumat sore (28/1/2022).

“Pak Ganjar menyampaikan, pada puncak acara HPN di Kendal tanggal 19 Februari nanti, beliau bersedia menyampaikan orasi jurnalistik,” kata Sunarto, Sekretaris Panitia HPN 2022, tadi siang.

Read More

Selain itu, pada kegiatan potong tumpeng tanggal 9 Februari 2022, Gubernur juga diundang dan diharapkan bisa hadir.

“Tetapi kalau yang syukuran itu belum bisa dipastikan kehadirannya, sebab mungkin terkendala kesibukan beliau, yang kemungkinan juga menghadiri HPN Tingkat Nasional di Kendari, Sulawesi Tenggara,” jelas Cak Narto, panggilan akrab pengurus PWI Jateng ini.

Dia menyampaikan pula rundown atau susunan acara rangkaian kegiatan HPN 2022 di Jawa Tengah, yang dipusatkan di Kabupaten Kendal pada, 17-19 Februari 2022.

Sebelum itu, kegiatan HPN di Semarang diawali dengan ziarah ke makam para wartawan pada Selasa 8 Februari 2022 pukul 07.00 WIB, dilanjutkan dengan sarasehan wartawan lintas generasi hingga selesai, kemudian ditutup dengan ramah tamah jam 12.00 WIB.

“Malamnya, kami menggelar Khataman Alquran Grup WA Ashabul Kahfi yang merupakan kegiatan spiritual para anggota. Khataman akan dihadiri Ketum MUI Jateng, Dr KH Ahmad Darodji. Kegiatan itu digelar di Gedung Pers, Mugas.

Hari berikutnya Rabu, 9 Februari 2022, bertempat di Gedung Pers Jalan Tri Lomba Juang 10 Kota Semarang, diadakan pemotongan tumpeng dilanjutkan dengan diskusi sambung rasa lintas generasi wartawan, dengan menghadirkan narasumber Sri Mulyadi (suarabaru.id) mewakili wartawan dari unsur generasi tua, Arri Widiarto (ayosemarang.com)  mewakili unsur generasi muda, dan Amirudin Machrus (akademisi pengamat pers Jawa Tengah).

Ketua PWI Jateng Amir Machmud, NS berdiskusi dengan Gubernur Ganjar Pranowo terkait rencana malam puncak peringatan HPN tahun 2022 tingkat Jawa Tengah di Puri Gedeh, Kota Semarang. Gubernur Jateng akan menyampaikan Orasi Jurnalistiknya, Jum’at (28/1/2022).

Kegiatan diskusi sambung rasa lintas generasi wartawan yang mengambil tema Pers Survival di Era Digital tersebut, akan dimoderatori oleh Bachtiar Rivai (RRI Semarang).

Resepsi HPN

Rangkaian kegiatan resepsi HPN Tahun 2022 Tingkat Jawa Tengah, yang dipusatkan di Kendal, menurut Cak Narto dimulai dengan registrasi peserta pada Kamis, 17 Februari 2022.

“Selesai registrasi peserta, malamnya acara dilanjutkan dengan pembukaan HPN di Pendapa Bahurekso Kabupaten Kendal hingga selesai,” ujarnya.

Pada hari berikutnya, menurut Cak Narto, digelar kegiatan pemecahan rekor MURI, dengan kategori Minum Kopi 20 Ribu Cup/Cangkir Serentak di 20 Kecamatan se-Kabupaten Kendal dan penetapan Hari Minum Kopi di Kabupaten Kendal.

“Persiapannya untuk pemecahan rekor MURI pada hari Jumat (18/2/2022) dimulai sekitar jam 06.00 WIB,” paparnya.

Usai pemecahan rekor MURI, imbuh Cak Narto, dilanjutkan dengan anjangsana ke sejumlah wartawan di Kendal yang sedang sakit. Kemudian pada malam harinya diadakan Konferensi Kerja PWI Jateng.

“Pada Sabtu (19/2/2022) pagi hingga siang diadakan One Day Tour ke beberapa tempat di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, yang dilepas secara langsung oleh Bupati Kendal dan Ketua PWI Jateng di Pendapa Bahurekso,” urai Sunarto.

“Pada puncak acara, Sabtu malam mulai pukul 19.00 WIB, Gubernur Ganjar Pranowo akan menyampaikan Orasi Jurnalistiknya,” pungkas Cak Narto

Related posts