kampung mangut

kampung mangut

Radarjateng.com Semarang,-Mangut adalah salah satu makanan khas Semarangan yang dibuat dari ikan hasil laut yang sudah di olah yang menjadi kuliner khas kota semarang.

Nah salah satu kampung penghasil ikan laut adalah Kampung Tanggul Sari yang kemudian mempolulerkan diri sebagai Kampung Mangut.

Read More

Kampung ini ada di Mangkang Kulon, di tepi Jalan Kyai Gilang, atau Jalan Irigasi pada jalur menuju Pantai Mangunharjo. Pantai Mangunharjo sendiri sedang digalakkan oleh warga sebagai obyek wisata keluarga mulai awal tahun 2022 ini.

Menarik mengunjungi Kampung Mangut di Semarang daerah barat ini.

Banyak perahu ditambatkan di aliran sungai yang bermuara di Pantai Mangunharjo. Dari Jl Kyai Gilang banyaknya perahu tak bisa dilihat jelas bila tak berhenti menaiki tanggul kali.

Memang bukan hanya kampung ini penghasil mangut namun eksistensi Kampung Tanggul Sari cukup menarik.

Dalam kesejarahan boleh jadi inilah tempat pendaratan perahu pertama  pada masa awal keberadaan Semarang. Bisa jadi inilah tempat yang dituliskan dalam buku Riwayat Semarang terbitan 1934 oleh Liem Thian Joe.

Ketika itu disebutkan perahu-perahu dari Tiongkok mendaratnya di Mangkang. Lalu di mana lagi ada tempat pendaratan selain Mangunharjo yang notabene berada di Mangkang ini.

(J Christiono)

Related posts

Sewa Alat Kesehan Alkes Murah