Dolar terangkat oleh “safe-haven” dan kebijakan Fed

Dolar terangkat oleh "safe-haven" dan kebijakan Fed
Kerugian di Nasdaq membuat pasar sedikit cemas dan mendukung dolar AS sebagai tempat yang aman untuk memposisikan (investor) selama beberapa hari ke depan.

Radar Jateng – Dolar sedikit menguat dalam transaksi yang lesu pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), dibantu oleh aliran safe-haven karena kekhawatiran atas penyebaran COVID-19 melemahkan reli beberapa hari di pasar ekuitas, dan di tengah ekspektasi Federal Reserve dapat menaikkan suku bunga pada awal Maret.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya naik 0,177 persen pada 96,223.

Indeks S&P 500 dibuka di rekor tertinggi lainnya, memperpanjang reli empat hari, tetapi kemudian mundur, sementara Nasdaq berada di zona merah sepanjang sesi, karena investor mengamati gangguan perjalanan yang didorong oleh Omicron dan penutupan toko-toko.

“Kerugian di Nasdaq membuat pasar sedikit cemas dan mendukung dolar AS sebagai tempat yang aman untuk memposisikan (investor) selama beberapa hari ke depan,” kata Amo Sahota, direktur di Klarity FX di San Francisco.

Tetapi pada akhirnya, volume pasar rendah karena hari libur, setiap pergerakan mungkin telah dibesar-besarkan, katanya.

“Kebanyakan orang hanya ingin menyelesaikan dan menyelesaikan pekerjaan mereka dan kemudian keluar, jadi saya tidak berpikir kita akan mendapatkan banyak gerakan di sini,” katanya.

Greenback naik hampir 7,0 persen pada tahun 2021, dibantu oleh meningkatnya ekspektasi bahwa Fed akan menaikkan suku bunga lebih cepat daripada bank sentral lainnya.

“Apa yang sebenarnya kita hadapi adalah inflasi dan apa yang sebenarnya kita hadapi adalah The Fed,” kata Joseph Trevisani, analis senior di FXStreet.com.

Fed funds berjangka memperkirakan lebih baik dari peluang 50 persen untuk kenaikan suku bunga seperempat poin pertama pada Maret, peluang yang “tidak pernah terdengar hanya dua minggu lalu,” kata Trevisani.

The Fed mengatakan dalam sebuah pernyataan kebijakan pada 15 Desember bahwa pihaknya akan mengakhiri pembelian obligasi era pandemi pada Maret dan membuka jalan bagi kenaikan suku bunga tiga perempat poin persentase hingga akhir 2022, karena ekonomi mendekati lapangan kerja penuh dan inflasi terus melonjak.

Mata uang safe-haven yen beringsut lebih tinggi setelah menyentuh level terendah satu bulan terhadap dolar selama sesi Asia.

Mata uang Jepang naik 0,07 persen pada 114,8 yen per dolar setelah sebelumnya jatuh ke 114,935, terlemah sejak 26 November.

Dolar Australia, sering dianggap sebagai proksi likuid dari selera risiko, turun 0,24 persen pada 0,72225 dolar AS, setelah mencapai level tertinggi terhadap greenback sejak 22 November semalam.

Sterling turun 0,14 persen menjadi 1,3422 dolar AS, setelah sebelumnya menyentuh level tertinggi satu bulan di 1,3461 dolar AS. Euro melemah 0,24 persen menjadi 1,13 dolar AS.

Di pasar mata uang kripto, bitcoin turun di bawah 50.000 dolar AS dan terakhir jatuh 6,31 persen pada 47.771,62 dolar AS.

Related posts