Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Belajar Secara Daring Pada Anak Usia Dini

Foto : Pendampingan Belajar Anak Dari Rumah

RadarJateng.com, Pendidikan – Pada era pandemi covid – 19 kehidupan yang sebelumnya berjalan dengan normal berubah semuanya menjadi daring. Semua dunia terdampak atas pandemi yang berlangsung, semua sektorpun terdampak pandemi, termasuk sektor pendidikan. Pendidikan yang seharusnya berada disekolah sekarang berubah menjadi daring dan belajar di rumah.

Orang tua merupakan penanggung jawab paling utama dalam perkembangan anak-anaknya. Orang tua lebih banyak menghabiskan waktunya dirumah bersama dengan anak-anaknya dibanding dengan waktu bersama guru di Sekolah. Pada masa Pandemi Covid 19 seperti ini Sekolah tidak dapat sepenuhnya membuka akses pembelajaran tatap muka seperti sedia kala. Maka dari itu sekolah menerapkan sistem daring kepada siswanya.

Read More

Untuk anak usia dini khususnya tidak dipungkiri betapa pentingnya peran orang tua untuk menyukseskan sistem pembelajaran daring. Dimulai dari menyemangati anak setiap akan memulai pembelajaran, membuka halaman link gmeet/ zoom nya, serta paling penting mendampingi dari proses awal sampai akhir pembelajaran. Selain guru menyemangati lewat daring, anak akan lebih senang dan merasa bahagia manakala orang tua juga memberikan reward terhadap hasil kegiatan belajar anak secara daring seperti memberikan tos semangat, atau menggambarkan bintang prestasi pada hasil karya anak yang telah selesai mereka kerjakan . Untuk itulah kesuksesan pembelajaran anak secara daring pada anak usia dini adalah pendampingan dari orang tuanya saat belajar. Tetap semangat Ayah dan Bunda untuk perkembangan buah hati dimasa pandemi seperti ini.

Foto : Hasil Belajar Anak Dari Rumah

Selain pihak sekolah yang berperan dalam pembelajaran daring, tak kalah pentingnya peran orang tua dalam pembelajaran daring di rumah. Peranan orang tua terhadap anak salah satunya adalah mendidik anak-anaknya. Sejak sebelum wabah virus corona merebak, orang tua telah memiliki kewajiban mensupport pendidikan anak di sekolah. Pemberlakuan pembelajaran daring sebagai upaya pencegahan penyebaran dan penularan virus ini membuat peran orang tua semakin besar dalam pendidikan anak.

Di masa serba terbatas seperti sekarang ini, fungsi orang tua dan guru sama besarnya dalam pendidikan. bahkan, peran keluarga dalam mendukung prestasi anak sangatlah besar karena selama belajar dari rumah anak lebih banyak berinteraksi dengan keluarga. Apa saja sih peran orang tua selama pembelajaran daring?

Peran orang tua dalam pembelajaran daring.

Menyediakan fasilitas yang dibutuhkan saat belajar

Pembelajaran daring yang diberlakukan selama pandemi membutuhkan beberapa peralatan pendukung seperti laptop, smartphone, atau PC. Selain itu dibutuhkan lagi penunjang lainya seperti kuota dan juga peralatan belajar lainya seperti buku – buku atau alat tulis

Memastikan kondisi kesehatan anak

Dalam kondisi seperti sekarang ini kesehatan adalah hal utama yang harus dijaga. Anak-anak tidak akan maksimal dalam belajar jika tubuhnya dalam kondisi tidak fit.

Memberikan suasana nyaman dalam belajar

Suasana nyaman yang dibutuhkan anak saat belajar daring adalah suasana yang mendukung untuk belajar. pastikan ruangan belajar bersih, memiliki pencahayaan yang baik dan juga sirkulasi udara yang lancar.

Semoga pandemi segera usai dan kita bisa menjalankan semua sektor kehidupan dengan normal kembali termasuk sertor pendidikan.

Ditulis Oleh: Dwi Mei Hardiyanti, S.Pd., Guru di TK Pertiwi Randudongkal – Pemalang – Jawa Tengah

Related posts