Kolase Ampas Kelapa Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak.

Foto : Kolase Dengan Ampas Kepala

RadarJateng.com, Pendidikan – Di era globalisasi ini pendidikan begitu penting untuk anak usia dini sehingga sebagai pendidik di suatu pendidikan formal yaitu TK di sekolahan tersebut pendidik mengembangkan dangan berbagai aspek perkembangan sesuai dengan kurikulum. Untuk meningkatkan berbagi aspek perkem-bangan,pemerintah semakin gencar menggalakannya diadakanya Pendidikan Anak Usia Dini sampai dengan dipelosok tanah air. Di dalam kurikulum terdapat aspek-aspek perkembangan di antaranya nilai agama moral, sosial emosional, kognitif, bahasa seni, motorik kasar dan halus. Salah satu yang perlu dikembangkan adalah perkembangan motorik halus anak.

Mursid menjelaskan perkembangan motorik adalah proses seorang anak belajar untuk terampil mengerakkan tubuh. Motorik halus yakni gerakan-gerakan yang merupakan koordinasi otot-otot yang menuntut adanya kemampuan mengontrol gerakan-gerakan halus. Kegiatan motorik halus seperti dapat membedakan kasar halus, meremas, mewarnai, menulis dan lain sebagainya. Maka sangat perlunya pendidik untuk mengembangkan dan meningkatkanmotorik halus dengan menggunakan media dan sumber media permainan edukatif untuk anak TK dalam belajar dan pembelajaran.

Foto : Hasil Kolase Ampas Kelapa Anak TK

Salah satu komponen atau unsur pembelajaran anak yang memegang peran penting adalah terselenggaranya kegiatan pembelajaran yang menarik dan bermakna dengan pembelajaran kolase ampas kelapa. Menurut Hajar Pamadhi dan Evan Sukadi Kolase merupakan suatu karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan bahan dasar tersebut sehingga seni rupa tersebut dapat di padukan dengan bahan dasar lainnya dan akhirnya dapat menyatu sehingga dapat menjadi karya yang utuh sehingga dapat mengekpresikan perasaan orang yang sedang membuatnya.

Read More

Nancy Beal mengemukakan bahwa menempel merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan motorik halus pada anak. Menempel sering disebut kolase. Kegiatan menempel adalah salah satu kegiatan yang menarik minat anak-anak karena berkaitan dengan meletakkan dan merekatkan sesuatu sesuka mereka. Dari pengertiannya, kolase adalah penyusunan berbagai bahan pada sehelai kertas yang datar. Bahan yang digunakan untuk direkatkan terdiri dari berbagai bentuk kertas, kain, bahan-bahan bertekstur dan bendabenda menarik lainnya, bisa 2 dimensi atau 3 dimensi

Untuk mengembangkannya sumber belajar yang menarik mungkin bagi perkembangan dan kegiatan belajar anak TK yakni dengan kolase dari ampas kelapa, dikarenakan yang dapat dipadukan dengan bahan dasar lainnya. Sehingga membantu mengembangkan semua potensi anak. Perkembangan dan manipulasi lingkungan sehingga perlu dipahami dan diterima oleh setiap pendidik yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. Pemahaman selanjutnya perlu di realisasikan dalam pendidikan untuk memperoleh individu dan masyarakat yang berkualitas.

Foto : Anak Sedang Menempel Kolase Ampas Kelapa

Melihat dari keunggulannya ampas kelapa ini memiliki tekstur yang lembut sehingga bisa membantu mengembangkan motorik halus anak, ampas kelapa yang diberi warna-warna yang cerah kemudian dikeringkan, anak akan lebih tertarik untuk belajar dengan menggunakan media ampas kelapa tersebut, dan juga ampas kelapa mudah didapat, dengan pemanfaat ampas kelapa mejadi kolase bisa membantu mengurangi limbah dilingkungan sekitar.

Foto : Kolase Ampas Kelapa

Keanekaragaman bahan yang disediakan oleh pendidik dapat mempengaruhi perkembangan kreativitas dan motorik halus anak untuk menggunakannya. Bahan yang beranekaragam tersebut juga membantu pendidik untuk memberi semangat kepada anak dalam mencegah rasa bosan yang dialami anak. Efektifitas penggunaan kolase ampas kelapa untuk anak usia dini yaitu salah satu alat atau media yang mudah dan terjangkau untuk di dapatkan, selain itu kolase ampas kelapa juga dapat dilakukan oleh guru untuk diberikan kepada anak usia dini dalam membantu melatih keterampilan motorik halusnya. Dengan cara ampas kelapa terlebih dahulu di beri pewarna makanan, selanjutnya ampas kelapa di keringkan atau di jemur, setelah itu ampas kelapa dapat digunakan sebagai alat bantu untuk media kolase ampas kelapa.

Penulis : Ambarwati, S.Pd, TK PERTIWI TUNGGUL 1, Desa Tunggul,Kec. Gondang, Kab. Sragen

Related posts