Pemanfaatan Bahan Alam Melalui Pohon Jeruk Dalam Pembelajaaran Anak Usia Dini.

Foto : Pemanfaatan Bahan Alam Dengan Daun Jeruk

RadarJateng.comPendidikanPendidikan yang bermutu pada dasarnya menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu pula, sumber daya manusia yang bermutu itu dipupuk sesuai dengan perkembangan potensi peserta didik semenjak pendidikan dasar, menengah, maupun tinggi. Mereka yang mendapatkan layanan pendidikan itu kemudian menjadi manusia dewasa yang memiliki indikator kualifikasi ahli, terampil, kreatif, inovatif serta memiliki sikap dan prilaku yang positif Media dalam kegiatan pembelajaran untuk anak usia dini sangat penting digunakan, disebabkan karena perkembangan anak pada masa usia dini berada.

Pada masa berfikir konkrit. Oleh karena itu salah satu prinsip pendidikan untuk anak usia dini harus berdasarkan realita artinya bahwa anak diharapkan dapat mempelajari sesuatu secara nyata melalui media yang konkrit. Menurut Kustandi dan Sutjipto (2011:9) Media Pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar dan berfungsi untuk memperjelas makna pesan yang disampaikan, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik dan sempurna. Oleh karena itu, peran guru dalam menentukan media dalam proses belajar mengajar, dituntut untuk kreatif dalam upaya mengembangkan berbagai jenis aspek perkembangan yang dimiliki oleh tiap anak. Salah satu cara yaitu dengan menggunakan media alam yang ada disekitar.

Media bahan alam adalah segala sesuatu yang ada di lingkungan sekitar kita yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran. Media ini sangat murah namun dapat dipergunakan secara efektif dan efesien untuk pembelajaran.

Read More
Foto : Daun Jeruk Untuk Media Belajar

Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk menstimulasi aspek perkembangan anak usia dini adalah dengan memanfaatkan media bahan alam sebagai media pembelajaran, seperti memanfaatkan batu-batuan, pasir, air, daun-daunan, tanaman, bambu, biji-bijian dan lain – lain. Banyak media yang terdapat di lingkungan alam sekitar anak yang dapat digunakan sebagai media atau alat peraga untuk kegiatan pembelajaran anak tanpa perlu biaya mahal. pemanfaatan media alam sebagai media belajar dapat memberikan pengalaman yang riil kepada anak, pembelajaran menjadi lebih konkrit, dan tidak verbalistik, sehingga anak lebih mudah menyerap pengetahuan.

Dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Tema Tanaman, Sub Tema Tanaman Buah, sub sub tema Jeruk, muatan materi dalam RPP ini bertujuan untuk menstimulus keenam aspek perkembangan pada Anak Usia dini, sedangkan tujuan pembelajaran RPP ini agar anak dapat memanfaatkan pohon jeruk dari buah dan daunya. Buah jeruk yang ada disekitar anak dapat digunakan untuk mengenalkan vitamin yang terkandung didalam buah jeruk, untuk kognitifnya dapat mengenalkan konsep besar kecil dengan cara mengurutkan buah jeruk dari yang besar ke yang kecil atau sebaliknya.

Foto : Menggunting Gambar Jeruk

Sedangkan daun jeruknya dapat digunakan untuk media mengenalan keaksaraan awal anak dengan cara memotong daun jeruk dan kemudian menempelkannya pada tulisan jeruk.

Penulis : Yati Maryati TK Bunga Harapan, Desa Jerukleueut Kec sindangwangi, Kabupaten Majalengka

Related posts