Wow Mitsubishi New Xpander Kini Makin Modern, Berikut Ulasannya

Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander (Stanly Ravel)

    Setelah sempat bocor, akhirnya Xpander dan Xpander Cross terbaru resmi diluncurkan. Kedua MPV murah PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) hadir dengan beragam ubahan yang bisa dibilang cukup signifikan. Tapi bicara soal perubahan, yang cukup menarik dihadirkan lewat Xpander. Hal tersebut lantaran sektor eksterior, lebih tepatnya tongkrongan depan, ikut dipermak dengan sentuhan baru yang dikemas lebih modern. Dengan tagline Be The Life Xpander, Mitsubishi mencoba untuk menawarkan pengalaman baru dari MPV yang dibuat ala crossover tersebut melalui ragam penyempurnaan. Mulai dari desain, kenyamanan, kecanggihan, sampai beberapa fitur baru lainnya.

Mitsubishi Xpander
Desain Mitsubishi Xpander (Stanly Ravel)

Mengusung model minor change (MMC), Mitsubishi masih menyematkan Dynamic Shield yang jadi ciri khas pada bagian depan, tapi kali ini dengan visual yang lebih futuristik, bahkan sekilas mirip dengan Eclipse Cross. Bila dirinci, pembaruan eksterior terdiri dari model bumper depan, lampu LED dengan desain menarik yang disebut T-Shape, penyematan under guard, pelek 17 inci two tone dengan desain baru, side sill garnish, desain bagian belakang, T-Shape LED tail gate, sampai electric switch tail gate door handel yang memudahkan pemilik untuk membuka pintu bagasi dengan satu tekanan.

Mitsubishi Xpander
Kabin Mitsubishi Xpander

Selesai eksterior, giliran mengintip bagian kabin alias interior. Melihat sekilas, secara nuansa mungkin banyak yang menganggap 11-12 dengan versi sebelumnya, tapi bila diperhatikan lebih detail lagi, banyak hal yang telah berubah terutama pada area depan. Mulai dari bentuk dasbor dan penggunaan material soft touch yang lebih nyata, warna dan aksen, AC yang sudah digital tanpa knob yang dulu disebut mirip kompor gas, serta instalasi audio layar sentuh berdimensi 8 inci terintegrasi dengan Smartphone Linked Display Audio (SDA).

Read More

Selain itu, mata pengendara juga dimanjakan dengan hadirnya desain baru dari meter cluster yang hadir dengan tambahan opening animation, gagang kemudi juga makin nyaman digengam dengan model baru dan telah dilengkapi tombol audio dan panggilan telepon di sebelah kiri, serta cruise control di bagian kanan.

Material soft touch yang memberikan kesan mewah di interior juga dihadirkan pada bagian door trim, sementara bicara kelapangan dan kenyamanan masih tetap dipertahankan dengan baik. Termasuk urusan kapasitas bagasinya. Desain tempat duduk juga mengalami perubahan, lengkap dengan beberapa penambahan fitur lain agar makin maksimal memanjakan penumpang. Seperti model konsol baru yang saat dibuka terdapat tempat untuk menaruh kertas tisu, card holder, armrest dan USB port di baris kedua, juga beberapa tambahan lainnya. Jangan harap masih bertemu tuas rem tangan di bagian tengah antara penumpang dan pengendara yang sebelumnya dianggap cukup mengganggu, Mitsubishi menggantinya dengan electric parking brake dengan auto hold yang membuatnya makin modern. Sayangnya, fitur tersebut hanya ada pada varian Ultimate dan Sport saja. Untuk urusan mesin tak perlu dibahas panjang lebar karena masih sama dengan model sebelumnya. Tapi bukan berarti tak ada pengembangan yang dilakukan, karena justru dari semua pembaruan yang dihadirkan, paling signifikan ada di masalah teknis, yakni terkait transmisi.

New Xpander kini hadir dengan sistem transmisi CVT yang didapuk menggantikan model matik 4 speed konvensional sebelumnya.

Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander

Dipadukan dengan mesin lawas, Mitsubishi mengklaim CVT layaknya AT 8 percepatan tersebut tak hanya memberikan pengalaman baru berkendara, tapi juga sisi efisiensi bahan bakar dan perpindahan percepatan yang lebih baik. Apalagi pada pembaruan kali ini sudah ditambah fitur eco idle alias eco idling stop. Sayangnya, dengan beragam ubahan dan penambahan yang disematkan, Mitsubishi masih menunda untuk mengumumkan kisaran harganya.

Related posts