Melukis, Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini

  • Whatsapp
Foto : Kegiatan Melukis Anak Dengan Tangan

RadarJateng.com, Pendidikan – Kreativitas merupakan bakat yang secara potensial yang dimiliki setiap anak perlu di kembangkan sejak usia dini. Setiap anak memiliki bakat kreatif yang dapat dikembangkan sejak usia dini. Bakat kreatif anak yang tidak dikembangkan sejak dini maka bakat tersebut tidak berkembang secara optimal. Oleh sebab itu, diperlukan upaya pendidikan yang dapat mengembangkan kreativitas anak. Agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan yang lebih lanjut.

Untuk membantu mewujudkan kreativitas anak, anak harus dilatih dalam keterampilan sesuai dengan minat anak. Dan diberikan kesempatan untuk mengembangkan bakat yang di miliki anak. Pendidik terutama orang tua perlu menciptakan ide-de baru guna untuk merangsang pemikiran dan keterampilan kreatif anak, serta menyediakan sarana prasarana

Read More

Banyak media yang bisa digunakan dalam mengembangkan kreativitas anak diantaranya adalah seni. Bentuk kegiatan berkesenian adalah melukis. Kegiatan melukis berguna untuk merangsang daya imajinasi dan kreativitas anak dalam berfikir, membentuk jiwa melalui pengalaman emosi, imajinasi, dan ungkapan kreatif, serta memiliki kepekaan rasa yang dapat menghadirkan keseimbangan manusia seutuhnya.

Prastyono menerangkan bahwa menggambar atau melukis adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak kecil, anak mampu bebas mengekspresikan jiwanya dalam bentuk coretan-coretan yang penuh makna dan arti dengan menggoreskan crayon atau mencelupkan kuas dan menuangkanya di atas kertas, sehingga akan timbul minat untuk bereksperimen dengan berbagai warna.

Adapun manfaat melukis untuk anak usia dini antara lain :

  • Sebagai bentuk ekspresi tanpa kata

Dengan melukis, anak dapat menyalurkan ekspresi tanpa katanya dan membantu anak dalam mengekspresikan diri dalam cara multidimensi yang belum tersedia dalam kosakatanya.

  • Melatih perkembangan otak anak

Kreatif seperti melukis menggunakan otak kanan. Ini adalah bagian kreatif yang bertanggung jawab atas keterampilan visual dan pemahaman tentang apa yang dilihat melalui mata.

  • Membangun kepercayaan diri

Dengan melukis dapat meningkatkan kepercayaan diri anak, karena dalam kegiatan melukis tidak ada kata salah dan benar dalm melukis.

  • Melatih kontrol otot lebih baik

Dengan melukis kontrol otot anak lebih baik karena dapat melatih motorik halus anak

  • Mengembangkan keterampilan sensorik

Dengan melukis anak dapat merasakan bagaimana rasanya memindahkan kuas dengan ukuran berbeda di berbagai permukaan,

Penulis : Endah Mariyati,S.Pd

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *